Management of Arabic Language Competence: Insiders’ Awareness and Experiences/ Manajemen Kompetensi Bahasa Arab: Kedasaran dan Pengalaman Anggota

Lulu Arifah Rahmah, Prayoga Saputra, Nuril Mufidah

Abstract


This research delves into the management of Arabic language competency within the Arabic Program, focusing on its fundamentals and members' experiences. Arabic plays a crucial role in the global context, leading to the emergence of institutions and services for Arabic language learning. Effective competency management becomes key to excellence in mastering the language. The study employs a qualitative approach, exploring both technical aspects and members' experiences. It combines John F. Mee's management theory with psycholinguistics in analyzing Arabic Program learning activities and programs. This research aims to analyze Arabic Language Program Management using John F. Mee's model in managing the language competency of organizations or study groups. Key findings include activity planning, organizational structure, motivation, and direct supervision. Additionally, the research highlights challenges such as variations in members' initial understanding and the need for diverse learning approaches. The practical implications involve developing more effective Arabic language competency management strategies by participating in many competition activities from various division branches, Arabic language training programs, and workshops, benefiting members by motivation, and increasing the competitiveness of organizations or learning groups globally through providing rewards to members published via social media platforms. This research contributes to the literature on competency management and Arabic language learning.

Abstrak: Penelitian ini mendalami pengelolaan kompetensi bahasa Arab dalam Program Bahasa Arab, dengan fokus pada fundamental dan pengalaman anggota. Bahasa Arab memainkan peran penting dalam konteks global, yang menyebabkan munculnya institusi dan layanan pembelajaran bahasa Arab. Manajemen kompetensi yang efektif menjadi kunci keunggulan dalam penguasaan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengeksplorasi aspek teknis dan pengalaman anggota. Menggabungkan teori manajemen John F. Mee dengan psikolinguistik dalam menganalisis kegiatan dan program pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Program Bahasa Arab dengan model John F. Mee dalam pengelolaan kompetensi bahasa organisasi atau kelompok belajar. Temuan utama meliputi perencanaan kegiatan, struktur organisasi, motivasi, dan pengawasan langsung. Selain itu, penelitian ini menyoroti tantangan seperti variasi dalam pemahaman awal anggota dan perlunya pendekatan pembelajaran yang beragam. Implikasi praktisnya meliputi pengembangan strategi manajemen kompetensi bahasa Arab yang lebih efektif dengan mengikuti banyak kegiatan lomba dari berbagai cabang devisi, program latihan dan workshop bahasa arab, memberikan manfaat bagi anggota berupa motivasi, dan meningkatkan daya saing organisasi atau kelompok pembelajaran secara global melalui pemberian reward kepada anggota yang dipublikasikan melalui platfrom media sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur manajemen kompetensi dan pembelajaran bahasa Arab.

Keywords


Arabic Language; Competency; Psikolinguistic; Programming Language

Full Text:

PDF

References


Abd. Rohman. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Intelegensia Media, 2017

Annisa, Maryam Nur and Randi Safii. "Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi." ELOQUENCE: Journal of Foreign Language 2.2 (2023): 313-328.

Anugrah, Rizki. “Manajemen Program Pengembangan Perikanan Tangkap Pada Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2015-2016” Universitas Andalas, 2018.

Eka Yuliana Rahman, Megalia Riane Kaseger, and Ressy Mewengkang. Manajemen pendidikan. Mafy Media Literasi Indonesia, 2023.

Faruq, Umar and Mokhammad Miftakhul Huda. "Bahasa Arab berbasis peningkatan pembelajaran hots (higher order thinking skills)(kajian pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Step 2 Kemenag RI)." Jurnal Al-Hikmah 8.1 (2020): 1-20.

Fuadah, Salimatul. Strategi Pembelajaran Kitabah Online dengan Metode Scamper Bahasa dan Sastra Arab Tahun Akademik 2021/2022. Diss. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.

Gagné, Marylène. “From Strategy to Action: Transforming Organizational Goals into Organizational Behavior,” International Journal of Management Reviews 20 (2018): S83–S104.

Handayaningrat, Soewarno. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen, Jakarta: Gunung Agung, 1983.

Moh, Arifudin, Fathma Zahara Sholeha, and Lilis Fikriya Umami. "Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam." MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2.02 (2021): 162-183.

Mee, JF. Sejarah Pemikiran Manajemen Abad Kedua Puluh. Universitas Negeri Ohio, 1959.

Muradi, Ahmad. "Pengembangan kompetensi guru bahasa Arab melalui IMLA sebagai organisasi profesi." Arabi: Journal of Arabic Studies 1.2 (2016): 1-10.

Rahardjo, Mudjia. "Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya." Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2017).

Ruane, Janet M. Dasar-dasar metode penelitian: Panduan riset ilmu sosial. Nusamedia, 2013.

Sanusi, Hary Priatna and Siti Sanah. "Optimalisasi Manajemen Program Bi'ah Lughawiyah Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbahasa Arab." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 2.1 (2017).

Sunarji, Harahap. "Implementasi manajemen syariah dalam fungsi-fungsi manajemen." AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 2.1 (2017): 211-234.

Wekke, Ismail Suardi. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish, 2016.

Wijaya, Muallim. "Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek." Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.1 (2017): 1-18.

Rusydi, Muhammad. "Pendidikan Karakter Pada Psikolinguistik Bahasa Arab." Al-Ulum 13.1 (2013): 73-86.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v4i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lulu Arifah Rahmah, Prayoga Saputra, Nuril Mufidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:

Google Scholar


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,Arabic Education Study Program, Faculty of Education and Teachers Training, IAI DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/index

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. P-ISSN: 2722-1180 | E-ISSN: 2722-1199