Efekivitas Penerapan Metode Hiwar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Hasria Hasria, Mujahid Mujahid, Rahmat R

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penerapan metode hiwar untuk meningkatka keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan informasi secara tepat dan jelas tentang penerapan metode hiwar dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Hikmat Tuttula. Pengumpulan datanya bersumber dari guru, siswa, maupun sarana pembelajaran lainnya berupa media dan dokumen. Adapun metode penumpulan datanya adalah lewat observasi, butir test dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara bahasa Arab (maharah kalam) siswa kelas VIII Hikmat Tuttula sebelum penerapan metode hiwar masih sangat kurang. Adapun setelah penerapan metode hiwar, kemampuan maharah kalam siwa kelas VIII MTs Hikmat Tuttula mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode hiwar efektif untuk meningkatan maharah kalam siswa kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Keywords


Metode Hiwar; Maharah Kalam; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Aliyan, Ahmad Fuad Mahmud. al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa TharaiqTadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim lin Nasyr wat Tauzi’, 1992.

Imam Kurniawan, Anung Al Hamat, and Abdul Hayyi Al Kattani. “Metode Pembelajaran Kreatif Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar Islam.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 2.1 (2021): 13-20. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3426

M. Abdul Hamid, dkk., Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Startegi, Materi dan Media. Cet. I; Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Mahmud, Basri, and Hamzah Hamzah. "Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 23-36. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/3

Muhammad Zakir. “Metode Mengajar dalam Pendidikan Islam (Kjian Tafsir Tarbawi).” Serambi tarbawi 4.2 (2016): 101-118. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v4i2.1267

Pambudi, Khafid. Pengaruh Pelaksanaan Praktek Muhadhasah Pagi Terhadap Prestasi Belajar PAI (Materi Al-Qr’an Hadits) Siswa di SMP Plus ar-Rahmat Bojonegoro. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2014.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Syarabiy, Mahmud ‘Ali. Dalil Muta’allimiy al-‘Arabiyyah lin Nathiqiyna bi Ghayriha. Riyadh: Dar Wojooh lin Nasyir wat Tauzi’, 2015.

Syarabiy, Mahmud Ali Muhammad. Istratiyjiyyah Muqtarahah Qaimah ‘ala Madkhal al-Taqabuli al-Lughawiy wa Thalil al-Akhtha’ fi Tanmiyah Maharat al-Fahmi al-Istima’iy wal Qira’ah al-jahriyyah wal Kitabah al-Wadhzifiyah laday Darisiy al-Lughah al-‘Arabiyyah al-Natiqinan bi Ghairiha, Risalah Dukturah. Ma’had al-Dirasat al-Tarbawiyyah, Jami’ah al-Qahirah, 2011.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v2i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hasria Hasria, Mujahid Mujahid, Rahmat R

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License