Rancang Bangun Aplikasi Typing Test Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Menulis Digital Teks Arab / Design of Typing Test Application as a Means of Improving Arabic Text Digital Writing Skills

Raihan Nurstalis, Tatang Tatang, Rinaldi Supriadi

Abstract


Digital literacy skills become very important for life as the digital era develops (all digitalization). This is a challenge for Arabic language education students to improve their abilities in the digital field. One of them is digital writing using a laptop/computer. This is the basis of this research. This research aims to build a website-based Arabic typing test application as a means of practicing typing using Arabic letters. The method that researchers use in this research is the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model. In the first stage of this research begins with analyzing needs through questionnaires to Arabic language education students at the Indonesian Education University (UPI). Then proceed with the development of the application with the name Pro-Typer.com. Then finally closed with the evaluation stage. This application can be accessed through the Pro-Typer.com link, the link at arab.upi.edu or through search engines such as Google. This application has four things that differentiate it from other applications, the first is the typing learning feature starting from per letter, word, to paragraph. Then the second feature is a test feature based on CEFR standards. Then, an integrated link on the official website of UPI Arabic language education students (arab.upi.edu). and the last is a column of criticism and suggestions.

Abstrak: Kemampuan literasi digital menjadi sangat penting bagi kehidupan seiring berkembangnya era digital (serba digitalisasi). Hal tersebut menjadi tantangan bagi mahasiswa pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuannya di bidang digital. Salah satunya menulis digital menggunakan laptop/komputer. Hal tersebut menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi typing test Bahasa arab berbasis website sebagai sarana berlatih mengetik menggunakan huruf Arab. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap pertama penelitian ini dimulai dengan Analisa kebutuhan melalui kuesioner kepada mahasiswa pendidikan bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lalu dilanjutkan dengan pembagunan aplikasi dengan nama Pro-Typer.com. Lalu terakhir ditutup dengan tahap evaluasi. Aplikasi ini bisa diakses melalui tautan Pro-Typer.com, tautan di arab.upi.edu ataupun lewat mesin pencari seperti Google. Aplikasi ini memiliki empat hal yang menjadi pembeda dengan aplikasi lain, pertama adalah fitur pembelajaran mengetik dari mulai per huruf, kata, hingga paragraf. Lalu fitur yang kedua adalah fitur test yang berdasarkan standar CEFR. Lalu, tautan terintegrasi di website resmi mahasiswa pendidikan bahasa Arab UPI (arab.upi.edu). Serta yang terakhir adalah kolom kritik dan saran.


Keywords


Arabic; Typing Test; Website Application; Writing skill

Full Text:

PDF

References


Afifa, Zahra dkk. “Analisis Penggunaan Metode Tikrar Wa Tadrib Pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Arab.” An-Nas: Jurnal Humaniora 7.1 (2023): 11–26.

Afifah, Nor dkk. “Istikhdām Mauqi’ Wib Ikhtibār al-Kitābah al-‘Arabiyah fī Ta’līm Mahārah al-Kitābah Qism Ta’līm al-Lughah al-’Arabiyyah bi Jāmi’ah Muḥammadiyah Malang.” Arabia 13.2 (2022): 339–360.

Ambarwati, Dewi dkk. “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8.2 (2021): 173–184.

Arhandi, Putra Prima. “Pengembangan Sistem Informasi Perijinan Tenaga Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Back End Dan Front End.” Jurnal Teknologi Informasi 7.1 (2016): 39–48.

Arif, Ahmed Sabbir, dan Wolfgang Stuerzlinger. “Analysis of text entry performance metrics.” Dalam 2009 IEEE Toronto International Conference Science and Technology for Humanity (TIC-STH). 100–105. IEEE, 2009.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3.1 (2019): 35–42.

Council of Europe. “Global scale - Table 1 (CEFR 3.3): Common Reference levels,” t.t. Daring. Internet. 13 Mar 2024. . Available: https://www.coe.int/en/web/common-european-framework-reference-languages/table-1-cefr-3.3-common-reference-levels-global-scale.

Efendi, Neng Marlina. “Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif).” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2.2 (2019): 173–182.

Erasmus University Rotterdam. “Common European Framework of Reference (CEFR),” Mar 2021. Daring. Internet. 11 Mar 2024. . Available: https://www.eur.nl/en/education/language-training-centre/cefr-levels.

Fahri, Ahmad Juliar, Syihabuddin Syihabuddin, dan Rinaldi Supriadi. “Rancang Bangun Game Edukatif Bahasa Indonesia Bagi Penutur Arab Tingkat Pemula Berbasis Website.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 6.2 (2023): 353–370.

Ikhsananto, Aan, dan Sutirman Sutirman. “The Effectiveness of Rapid Typing Software and Module for Improving 10-Finger Typing Skills.” Dinamika Pendidikan 13.2 (2018): 228–237.

Jafar, Ratna, Muksin Hi Abdullah, dan Mudar Safi. “Perancangan Sistem Informasi Menejemen Sarana Dan Prasarana Menggunakan Framework Codeigniter Pada Akademi Ilmu Komputer Ternate.” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika 3.2 (2020): 62–68.

Jayan. CSS untuk orang awam : membangun website tanpa tabel mudah, fleksibel dan efektif. Pertama. palembang: Maxikom, 2010.

Kuraedah Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al-Ta’dib 8.2 (2015): 82–98.

Mcpherson, Dale. “A Study of Typing Speed and Accuracy Development Using Computer-Based and Typewriter-Based Instruction in a Public High School.” OTS Master’s Level Projects & Papers (1995).

Micah Godbolt. Frontend architecture for design systems: a modern blueprint for scalable and sustainable websites. California: O’Reilly Media, Inc. , 2016.

Mu’min, Sitti Aisyah. “Variasi Individual Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Ta’dib 7.1 (2014): 68–83.

Muqorobin, Muqorobin, dan Nendy Akbar Rozaq Rais. “Comparison of PHP Programming Language with Codeigniter Framework in Project CRUD.” International Journal of Computer and Information System (IJCIS) 3.3 (2022): 94–98.

Najihah, Roudlotun, dan Marimin. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Penggunaan Media Typing Master Terhadap Keterampilan Mengetik 10 Jari Buta Pada Mata Diklat Otomatisasi Perkantoran Kelas X Ap Di Smk Palebon Semarang.” Economic Education Analysis Journal 4.2 (2015): 318–331.

Nasiha, Wardatun, Nor Afifah, dan Ahmad Nabil Amir. “Design of a Website-Based Arabic Typing Application for Students of Arabic Language Education Program at University.” Assyfa Learning Journal 1.1 (2023): 12–24.

Nugrahawan, Ahmad Rizki, dan Yulia Rahmawati. “Improving Arabic Typing Competence Through The Rapid Typing Application.” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5.2 (2002): 2432–2437.

Pamengas, Muhammad Wahyu, Tri Afirianto, dan Wibisono Sukmo Wardhono. Pengembangan Gim Edukasi Mengetik menggunakan Metode Touch-Typing untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik. Vol. 4, 2020. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

Pangestika, Rahayu, dan Raden Teduh Dirgahayu. “Pengembangan Back-end Sistem Informasi Pendataan Sekolah Desa Komunitas Pendar Foundation Yogyakarta.” AUTOMATA 1.2 (2020).

Rahmawati, Aniisah Eka, Henni Endah Wahanani, dan Firza Prima Aditiawan. “Pengujian Aplikasi E Buk Kades Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis dan Equivalence Partitioning.” INTEGER: Journal of Information Technology 8.2 (2023): 90–99.

Riyadi, Dedi Eko. “Metode Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 42–59.

Setiawan, Andi Antonius, Arie S. M. Lumenta, dan Sherwin R.U.A Sompie. “Rancang Bangun Aplikasi Unsrat E-Catalog.” Jurnal Teknik Informatika 14.4 (2019): 1–9.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. 26 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Supriyono. “Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System.” IJISTECH: International Journal of Information System & Technology 3.2 (2020): 227–233.

Taftayani, Muhammad Breda, Soni Fajar Surya Gumilang, dan Muharman Lubis. “Perancangan Aplikasi Pendidikan Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Dan Framework CSS Materialize Pada Startup Sinau Yo.” e-Proceeding of Engineering Universitas Telkom 6.2 (2019): 8124–8130.

Taubah, Miftachul. “Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Studi Arab 10.1 (2019): 31–38.

Uin, Hanafi, Sultan Maulana, dan Hasanuddin Banten. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4, 2017. Available: http://www.aftanalisis.com.

Umamah, Maftuhatul, dan Muassomah Muassomah. “Pembelajaran Daring Melalui Teknik Kolaboratif pada Keterampilan Menulis Peserta didik di SMA Darul Qur’an Kota Mojokerto.” ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab 3.2 (2020): 88–100.

Widodo, Yusac Ismail Fauzi, Rosihan Ari Yuana, dan Dwi Maryono. “Software Development of Speed Typing Counter Application as a Typing Lesson Supporting Tool.” IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education) 1.1 (2017): 19–29.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v5i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raihan Nurstalis, Tatang Tatang, Rinaldi Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License