Development of the Maharah Qira'ah Test Using the Wondershare Quiz Creator (WQC) Application: From Needs Analysis to Evaluation / Pengembangan Tes Maharah Qira'ah Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator (WQC): dari Analisis Kebutuhan hingga Evaluasi
Abstract
This research aims to develop an assessment test for Arabic reading comprehension skills by utilizing the Wondershare Quiz Creator application. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). In the analysis stage, the needs and problems in the evaluation of Arabic reading comprehension skills were identified. The design stage includes the preparation of product specifications, the formulation of learning objectives, and the selection of materials. The development stage includes the creation of an evaluation tool based on the Wondershare Quiz Creator application. The product implementation was carried out through a trial with 30 students. The evaluation stage was conducted to assess the effectiveness of the product through statistical tests using the Wilcoxon Signed Rank Test, as well as pre-test and post-test. The research results show that the Wondershare Quiz Creator application is effectively used as an evaluation and assessment tool for Arabic reading comprehension skills. The significance value of 0.000 indicates a significant difference between the evaluation results before and after the use of the application. Students gave a positive response to the use of the application, which was considered capable of attracting interest, increasing motivation, and facilitating the evaluation process. This research concludes that the development of evaluation and assessment of reading comprehension skills using the Wondershare Quiz Creator application has been proven effective and can be an alternative for Arabic language teachers in conducting assessments of reading comprehension skills.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat tes penilaian keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab dengan memanfaatkan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis dilakukan identifikasi kebutuhan dan permasalahan dalam evaluasi keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab. Tahap desain meliputi penyusunan spesifikasi produk, perumusan tujuan pembelajaran, dan pemilihan materi. Tahap pengembangan meliputi pembuatan alat evaluasi berbasis aplikasi Wondershare Quiz Creator. Implementasi produk dilakukan melalui uji coba kepada 30 orang peserta didik. Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai keefektifan produk melalui uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, serta pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Wondershare Quiz Creator efektif digunakan sebagai alat evaluasi dan penilaian keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab. Nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil evaluasi sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi. Respon siswa terhadap penggunaan aplikasi dinilai positif karena mampu menarik minat, meningkatkan motivasi, dan memudahkan dalam proses evaluasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan evaluasi dan asesmen keterampilan membaca pemahaman menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator terbukti efektif dan dapat menjadi alternatif bagi guru bahasa Arab dalam melakukan asesmen keterampilan membaca pemahaman.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmalia, Frida, ‘Pemanfaatan Ispring Suite Quizmaker Untukpembuatan Soal- Soal Bahasa Arab’, 2019.2132 (2020), 235–38
Alqawi, Denai, Hapzi Ali, and Achmad Fauzi, ‘Determinasi Produktivitas Kerja Melalui Motivasi : Analisis Lingkungan Kerja, Disiplin, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Tenaga Kesehatan RS. Satria Medika Bekasi’, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 5.3 (2024), 367–80
Alrayzah, Asmaa, Fawaz Alsolami, and Mostafa Saleh, ‘AraFast : Developing and Evaluating a Comprehensive Modern Standard Arabic Corpus for Enhanced Natural Language Processing’, Applied Sciences (Switzerland), 14(12).5294 (2024), 1–27
Anggraini, Fitria Dewi Puspita, Aprianti Aprianti, Vilda Ana Veria Setyawati, and Agnes Angelia Hartanto, ‘Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS Untuk Uji Validitas Dan Reliabilitas’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 6491–6504
As’ari, Diah Rahmawati, ‘Pemanfaatan Wordershare Quiz Creator Dalam Pembuatan Soal-Soal Bahasa Arab’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 2.1 (2017), 37
Astuti, Arin Yuli, Rifqi Rahmatika Az-zahra, and Ismail Abdurozzaq, ‘Teknologi Perangkat Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa’, 10.1 (2023), 48–57
Asyhari, Ardian, ‘Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4.2 (2015), 179–91
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model’, Halaqa: Islamic Education Journal, 3.1 (2019), 35
Cahyani, Aisyah, Moh. Fauzan, Kurniawati Aprilia Rusdiana Putri, Ariyani Dwi Larasati, Nurrotu Halimatus Sakdiyah, and Annas Tohuri, ‘Arabic Vocabulary: Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab’, JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1.8 (2021), 1158–70
Davis-Becker, Susan, Testing in the Professions, Aplikaction of Educational Measurement and Assesment (London and New York: Routledge, 2017), 01
Fahmeyzan, Dodiy, Siti Soraya, and Desventri Etmy, ‘Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dengan Menggunakan Skewness Dan Kurtosi’, Jurnal VARIAN, 2.1 (2018), 31–36
Hardinata, Jaya Tata, Reagan Surbakti Saragih, Dudes Manalu, Christa Voni Roulina Sinaga, and Ferri Ojak Immanuel Pardede, ‘Pemanfaatan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Pada SMA Swasta HKBP Hutabayuraja Untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Evaluasi Belajar Siswa’, Jurnal TUNAS, 4(1) (2022), 148–53
Hotimah, Husnul, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Edukasi, 7.3 (2020), 5
Hula, Ibnu Rawandhy N, and Zulkifli Paputungan Mariana, Ana, ‘Pengembangan Hybrid Learning Berbasis Aplikasi Computer Assisted Test (CAT) Pada Program Arabic Proficiency Test’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.1 (2021), 103–25
Kharisma, Jeaniver Yuliane, and Aslim Asman, ‘Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional Materials Oriented to Students ’ Mathematics Problem Solving Skill and Students ’’, Indonesian Journal of Mathematics Education, 1.1 (2018), 34–46
Lusiana, Diyah, and Wahyu Lestari, ‘Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa Mata Pelajaran Pkn Smk’, Journal of Educational Research and Evaluation, 2.1 (2013), 1–6
M. A. Jamil, M. Dkk, ‘Desain Tes Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Untuk Meningkatkan Maharah Istima’’, Attractive : Innovative Education Journal, 5.3 (2023), 1–12
Mahfudin, Sidik, Agus Sutanto, and M Ihsan Dacholfany, ‘Implementasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android (Studi Kasus Di Smk Muhammadiyah Se-Kota Metro Lampung)’, POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1.1 (2021), 1–11
Maria Resti Andrian, Wahyudi, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang’, עלון הנוטע, 66.1997 (2013), 37–39
Miftahuddin, and Fithriana AR, ‘Korelasi Antara Validitas Pada Evaluasi Yang Digunakan Dalam Menilai Hasil Belajar Siswa Dengan Hasil Kegiatan MGMP Matematika Di Kabupaten Pidie’, Jurnal Matematika, Statistika, Dan Komputasi, 4.2 (2008), 76–89
Nurnawati, Erna Kumalasari, Muhammad Sholeh, and Edhy Sutanta, ‘Pengembangan Soal Ujian Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Wondershare Quiz Creator’, Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND Yogyakarta, 2.1 (2019), 27–37
Pamungkas, Petrus Dwi Ananto, ‘Computer Based Test (Cbt) Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta Menggunakan Metode Computerized Fixed-Form Test (Cft)’, Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 4.1 (2017), 54–61
Purnanto, Arif Wiyat, and Astuti Mahardika, ‘Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang’, Warta LPM, 19.2 (2017), 141–48
Ramadhani, Dony Ahmad, ‘Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi’, Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2.1 (2019), 85
Rosmana, Primanita Sholihah, Sofyan Iskandar, Alifia Nur Azizah H.A, and Nurfenti Widiya, ‘Peranan Teknologi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Kabupaten Purwakarta’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 No 2 (2023), 3097–3110
Safitri, Ayu, Eko Suyanto, and Ismu Wahyudi, ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Collaborative Teamwork Learning Pada Materi Fluida Dinamis Sma Kelas Xi’, Jurnal Pendidikan Fisika, 7.1 (2019), 81
Salam, Muhammad Yusuf, ‘Pengembangan Panduan Tes Bahasa Arab’, 12.2 (2023)
Salsabillah, Adra, Lailatul Mauludiyah, and Mochammad Firdaus, ‘Student Motivation in Completing Arabic Assignments Using Computer and Paper-Based Assessment Methods: Comparative Study’, Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 11.2 (2023), 167–80
Soal, Pembuatan, Ujian Smas, Kristen Weekarou, Yeniyati Tuwa Ringu, Andry A P Tanggumara, Mitra P Ayu, and others, ‘Analisis Dan Kajian Literatur Pemanfaatan Beesmart’, 10.4 (2023), 218–26
Studies, Environmental, ‘Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK’, Analisis Pengetahuan Keuangan, Kepribadian Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan, 11.1 (2021), 192–201
Supriyadi, M.Pd, Edy, ‘Pengembangan Model Evaluasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Teknik Elektro’, Jurnal Edukasi Elektro, 1.1 (2017), 25–35
Syamsul Ma’arif, Suparmanto, Novina Inka Rahmawati, Vivi Nurhidayati, Mujiburrahman, ‘Penggunaan Metode Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab 1’, Ta’birat Al-’Arabiyyah, 2.1 (2024), 26
Welem, Imanuel, ‘Pengaruh Beban Kerja Dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Kredit Pintu Air Cabang Maumere’, Jurnal Projemen UNIPA Maumere, 5.2 (2018), 86–106
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Marselawati Djafar, Ibnu Rawandhy N. Hula

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License