Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab pada Platform Media Sosial Instagram / Analysis of Arabic Language Learning Content on the Instagram Social Media Platform
Abstract
This study aims to identify patterns in Arabic language learning content on Instagram, find out the types of Arabic language learning content that are most in demand by Instagram users, and analyze data on each pattern or type of Arabic language learning content on Instagram. This study uses a qualitative approach by applying the content analysis method. The subjects of this study consisted of four Instagram creators selected based on the criteria of the number of followers, the number of interactions, and the content or Arabic language learning materials they created, namely the creator @taalum.id, the creator @arabiyahtalks, the creator @bahasaarablughotiy, and the creator @marhaban.academy. The objects of this study include videos uploaded by the four Instagram creators related to Arabic language learning, as well as comments or responses from their account followers and literature that supports this study. The results of this study found that there are three types of learning that are often created and uploaded related to Arabic language learning, namely mufradat learning, Arabic expressions and Arabic grammar. The type of Arabic learning content that is most in demand by Instagram users is the type of Arabic vocabulary/mufrodat content. Based on the analysis of learning content patterns, there are several characteristics that make Arabic learning content easily viral on Instagram so that it is more popular and gets high engagement from viewers, namely: interesting audio-visual media, informative and interactive content structure, film clips, humorous stories, and relatable everyday situations, short and dense video duration, attractive visual design, use of hashtags that are relevant to the type of content, and frequency and consistency of posts with interesting content variations.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola dalam konten pembelajaran Bahasa Arab di Instagram, mengetahui jenis konten pembelajaran bahasa Arab yang paling diminati oleh pengguna Instagram, dan menganalisis data pada setiap pola atau jenis konten pembelajaran bahasa Arab di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode analisis isi. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari empat kreator Instagram yang dipilih berdasarkan kriteria jumlah pengikut, jumlah interaksi, serta konten atau materi pembelajaran bahasa Arab yang mereka buat, yaitu kreator @taalum.id, kreator @arabiyahtalks, kreator @bahasaarablughotiy, dan kretor @marhaban.academy. Objek penelitian ini mencakup video-video yang diunggah oleh keempat kreator Instagram tersebut terkait pembelajaran bahasa Arab, serta komentar atau tanggapan dari para pengikut akun mereka dan literatur yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga jenis pembelajaran yang sering dibuat dan diunggah terkait pembelajaran bahasa arab yaitu pembelajaran mufradat, ungkapan berbahasa Arab dan gramatika bahasa Arab. jenis konten pembelajaran bahasa Arab yang paling diminati oleh pengguna Instagram adalah jenis konten kosa kata/mufrodat bahasa Arab. Berdasarkan analisis pola konten pembelajarannya, terdapat beberapa karakteristik yang membuat konten pembelajaran bahasa Arab mudah viral di Instagram sehingga lebih disukai dan mendapatkan engagement tinggi dari penonton, yaitu: media audio visual yang menarik, struktur konten yang informatif dan interaktif, potongan film, cerita humor, dan situasi sehari-hari yang relatable, durasi video yang pendek dan padat, desain visual yang menarik, penggunaan hashtag yang relevan terhadap jenis konten, dan frekuensi dan konsistensi postingan dengan variasi konten yang menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abani, Abdul Muhsin bin Abdul Aziz. Al-Wasail At-Ta’limiyyah: Mafhumuha wa Asasu Istikhdamiha wa Makanatiha fi al-Amaliyyah al-Ta’lim. KSA: Jamiah al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islami, 1978.
Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. "Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran." Islamika 3.1 (2021): 123-133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1047
Ahmad Fuad Mahmud Aliyan, al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa TharaiqTadrisiha, Riyadh: Dar al-Muslim lin Nasyr wat Tauzi’, 1992.
Aminullah, Muhammad Afiq, Fadilah Al Azmi, and Darul Jalal. "Pembelajaran Bahasa Arab Mandiri Melalui Platform Aplikasi Tiktok Sebagai Tren Belajar Masa Kini." Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 5 (2022). https://doi.org/10.35931/am.v5i2.1219
Betty Mauli Rosa Bustam, dan Djamaluddin Prawironegoro. Pendidikan Bahasa Arab: Untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. Yoyakarta: UAD Press, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Bahasa_Arab/6PjDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendidikan+bahasa+arab&pg=PA27&printsec=frontcover.
Handayani, Sri. "Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’Bahasa Arab." Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3.2 (2022): 104-115. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138
Harahap, Olivia Feby Mon. dkk. Media Pembelajaran: Teori dan Presfektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sumatera Barat: Azka Pustaka, 2022, https://play.google.com/books/reader?id=Bc9qEAAAQBAJ&pg=GBS.PP5&hl=id.
Husin, Husin, Hisana Zahran Dhia, and Luthfia Khoiriyatunnisa. "Pemanfataan Platfrom Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 7 (2021): 543-554. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1007
Irwanda, Ahmad Ade, et al. "Analisis Engagement Rate pada Instagram Universitas Lancang Kuning." ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi 6.2 (2024): 390-399. https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/17904
Jalinus, Nizwardi, dan Ambiyar. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016, https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Sumber_Pembelajaran/wBVNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+dan+pembelajaran&printsec=frontcover.
Klaus Krippendorff. Content Analysis An Introduction to Its Methodology. 4 ed., SAGE Publications, 2018.
M. Abdul Hamid, dkk., Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Startegi, Materi dan Media, Cet. I; Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Mahmud, Basri, and Hamzah Hamzah. "Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 23-36. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/3
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: CV. Citra Media, 1996.
Muawiyah, Muawiyah, et al. "Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Kanang Polewali Mandar (The Effect of Using Picture Card Media on Increasing Interest in Learning Arabic for Class VII Students of MTs DDI Kanang Polewali Mandar)." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 3.2 (2022): 113-136. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/issue/view/11
Mustofa, Muhammad Arif. "Analisis penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Arab di era industri 4.0." Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 4.2 (2020): 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805
Nuha, Ulin. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press, 2016.
Nurfadhillah, Septy, dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun 2021. Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Media+Pembelajaran+Pengertian+Media+Pembelajaran,+Landasan,+Fungsi,+Manfaat,+Jenis-jenis+Media+Pembelajaran,+dan+Cara+Penggunaan+Media+Pembelajaran&ots=LS_L6e3xO2&sig=-b3gGBxUdSwktdpCfMluNTV__JU&redir_esc=y#v=onepage&q=Media%20Pembelajaran%20Pengertian%20Media%20Pembelajaran%2C%20Landasan%2C%20Fungsi%2C%20Manfaat%2C%20Jenis-jenis%20Media%20Pembelajaran%2C%20dan%20Cara%20Penggunaan%20Media%20Pembelajaran&f=false
Parera, Jos Daniel. Linguistik Edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontranstif Antar Bahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa, Ed. II; Jakarta: Erlangga, 1997.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Priantiwi, Tiara Nurfingkan, and Maman Abdurrahman. "Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8.3 (2023): 1365-1371. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1502
Suryani, Nunuk. dkk. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v5i2.308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wipa Raziq Sihab Habibi, Imam Fauji, Hamzah Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.png)
.png)
.png)


_(1).png)
.png)
.png)
_(2)_(1).png)
_(1).png)
2.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
