Narasi Kematian dalam Cerpen “Ana al-Maut” karya Taufik al-Hakim: Analisis Semiotika Naratif Roland Barthes / The Narrative of Death in the Short Story Ana al-Maut by Tawfiq al-Hakim: A Narrative Semiotic Analysis Based on Roland Barthes

Muhsin Muhsin, Marwati Marwati, Muhammad Saleh, Khaerun Nisa Nuur, Husnul Khatimah Nuqta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cerpen Ana al-Maut karya Taufik El-Hakim dengan menggunakan pendekatan semiotika naratif Roland Barthes. Karya sastra dipandang sebagai refleksi kehidupan dan sarana penyampaian nilai-nilai kemanusiaan melalui bahasa yang sarat tanda. Cerpen ini mengisahkan seorang pemuda kaya dan terpelajar yang berulang kali mencoba bunuh diri, sehingga memunculkan pertanyaan mengenai motif di balik tindakannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan fokus pada analisis lima kode naratif Barthes: hermeneutik, proairetik, simbolik, semantik, dan kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanda-tanda dalam cerpen merefleksikan tekanan psikologis dan krisis eksistensial yang dialami tokoh utama. Simbol-simbol seperti bayangan kematian, suasana gelap dan sunyi sebagai metafora keterasingan, serta monolog batin yang penuh pertanyaan filosofis menjadi penanda dominan dari pencarian makna hidup. Ketakberdayaan tokoh dalam menghadapi takdir juga memperkuat representasi atas kehampaan eksistensial yang menjadi inti narasi.

Abstract: This study aims to analyze the short story Ana al-Maut by Tawfiq al-Hakim using Roland Barthes’ narrative semiotics approach. Literary works are viewed as reflections of life and as a medium for conveying human values through language that is rich in signs. The short story tells the tale of a wealthy and educated young man who repeatedly attempts suicide, raising questions about the motives behind his actions. This research employs a qualitative-descriptive method, focusing on the analysis of Barthes’ five narrative codes: hermeneutic, proairetic, symbolic, semantic, and cultural. The findings reveal that the signs in the short story reflect the psychological pressure and existential crisis experienced by the protagonist. Symbols such as the shadow of death, dark and silent atmospheres as metaphors of alienation, and internal monologues filled with philosophical questions serve as dominant signifiers in the search for life’s meaning. The character’s helplessness in facing fate also reinforces the representation of existential emptiness at the heart of the narrative.

Keywords


Semiotika Roland Barthes; Cerpen Ana al-Maut; Taufik El-Hakim; Tanda; Bunuh Diri

Full Text:

PDF

References


Ahdiyat, Azhar Natsir, ‘Analisis Semiotika Visual Pada Ilustrasi Sampul Majalah Tempo Edisi “Jerat Kedua”’, Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 12.02 (2021), 156–75

Alim, Asmi Ayu Ning, Maizar Karim, and Sovia Wulandari, ‘Kode Hermeneutik, Kode Proaretik, Dan Kode Budaya Dalam Transliterasi Manuskrip Kisah Raja-Raja Jambi’, Kajian Linguistik Dan Sastra, 1.3 (2023), 295–304

Barthes, Roland, Roland Barthes, S/Z. Trans. Richard Miller, (New York: Hill and Wang, 1974

Berger, Arthur Asa, Pengantar Semiotika Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2015.

Burhanudin Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

Chairun Nisa, and Roita Sinaga, ‘Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Nilai Nasionalisme Dalam Novel Titik Nadir Karya Windy Joana’, ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3.2 (2023), 271–80

Jabrohim, Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha, 2003.

Khairudin, Khairudin, Khaerunnisa Nuur, Hamzah Hamzah, and Muh Nur Abduh, ‘Perubahan Fonologis Kata Serapan Bahasa Arab Dalam Istilah Keagamaan Di Indonesia / Phonological Changes in Arabic Loan Words in Religious Terms in Indonesia’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5.1 (2024), 41

Lestari, Vizci Ayu, La Ode Balawa, and Aris Badara, ‘Jurnal BASTRA (Bahasa Dan Sastra) : Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/BASTRA’, Jurnal Bastra, 4.2 (2019), 268–83

Mustika, and Fina Amalia Masri, ‘Kajian Semiotik Roland Barthes Dalam Cerpen “Bayi Yang Dipetik Dari Pohon” Karya Yetti a.Ka’, Prosiding Seminar Nasional, 2018, 276–91

Rahayu, Titin Puji, ‘Kode Pembacaan Roland Barthes Dalam Cerpen Pemintal Kegelapan Karya Intan Paramaditha: Kajian Semiotika’, Ejurnal.Unitomo.Ac.Id, 5 (2022), 40–52

Ramadhani, Ananda, and Maman Suryaman, ‘Sistem Kode Roland Barthes Dalam Cerpen Emak Karya Fakhrunnas M.A Jabbar’, Ruang Kata: Jurnal of Language and Literature Studies, 4.02 (2024), 83–91.

Sayuti, Suminto. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama. Media, 2000.

Selden, Raman, al-Nazariyat al-Adabiyah al-Muasirah (tarjamah Jabir Usfur). Kairo: Dar Quba li al-Tiba’ah wa al-Nasyr, t.t.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta 2015.

Taufik al-Hakim, Arinillah. Kairo: Muassasah Hindawi, 2022.

Teeuw, Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya, 1984.

Wellek, R dan A. Warren, Teori kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia, 1990.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhsin Muhsin, Marwati Marwati, Muhammad Saleh, Khaerun Nisa Nuur, Husnul Khatimah Nuqta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License