Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Kemahiran Al-Kitâbah (Arabic Learning Strategy: Writing Skills)
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat macam maharah atau kemahiran yang harus dikuasai oleh setiap pembelajar bahasa Arab. Empat kemahiran itu adalah kemahiran istima’, kalam, qira’ah, dan yang terakhir kemahiran kitabah. Kemahiran kitabah ini merupakan kemahiran yang tertinggi di antara keempat kemahiran berbahasa, yaitu istima’, kalam, dan qira’ah. Kitabah juga disebut sebagai kemahiran yang paling penting diantara kemahiran-kemahiran yang lain. Oleh karena itu, untuk mempelajari kemahiran kitabah, harus terlebih dahulu mempelajari tiga kemahiran lainnya. Karena terdapat kesinambungan di antara keempat kemahiran berbahasa tersebut. Proses pembelajaran kemahiran kitabah akan berbeda-beda sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan. Apakah menggunakan metode nahwu wa tarjamah, metode mubasyarah atau metode sam’iyah syafawiyah. Terdapat beberapa tujuan pembelajaran kitabah berdasarkan tingkatannya yaitu tingkat pemula, tingkat menengah dan tingkat lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Djaliel, Maman, Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Untuk Kelas VIII, Semester 1 dan 2, Bandung: CV. ARMICO, 2009.
Abdul Mu’in, Analisis Kontrastif Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia: Telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2004.
Al-Naqah, Mahmud Kamil, Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah li al-Nathiqina bi al-Lughat Ukhra: Asasuhu, Madakhiluhu,Thuruqu Tadrisihi, Makkah: Jami’ah Ummu al-Qura’, 1985.
Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2009.
Hamid, M. Abdul, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2014.
Iskandarwassid, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosdakarya, 2009.
Khalilullah, M., Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif: Kemahiran Qira’ah dan Kitabah, Jurnal Sosial Budaya 8 (01) 2011.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Muna, Wa, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Teras, 2011.
Muradi, Ahmad, Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group, 2015.
Musthofa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovativ, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta : DIVA Press. 2012.
Syamsuddin AR dan Vismaia S. Damaianti, Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Zaenuddin, Radliyah, dkk., Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v2i2.35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dedi Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.png)
.png)
.png)


_(1).png)
.png)
.png)
_(2)_(1).png)
_(1).png)
2.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
