Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Quizizz di Universitas Islam As’adiyah Sengkang / Development of Arabic Learning Media Quizizz-Based at Islamic University of As’adiyah Sengkang

Ainul Uyun, Darmawati Darmawati, Herdah Herdah

Abstract


This study discusses about the Development of Arabic Learning Media based on Quizizz which aims to describe the prototype of Quizizz learning media, validity and practicality, and effectiveness in learning. The research method used is a development research method, namely R&D (Research and Development) using the ADDIE model with five development steps: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The result of this study is that Quizizz-based learning media is interesting and can be used in improving students’s skills in Arabic learning. The validity of the product gets a high score with a percentage from the first material expert 86.67%, from the second material expert 96.67%, from the media expert 80%, and the students’ responses 90%. The level of effectiveness of the product is quite effective with the results of the effectiveness test obtained, namely the average score of pretest = 42.50 posttest = 74.23, The result of the n-gain score calculation is 0.59 with a presentation of 59.47%. So that Quizizz-based learning media in Arabic learning is quite effective in improving the students.

 Abstrak: Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Quizizz yang bertujuan untuk mendeskripsikan prototipe media pembelajaran Quizizz, kevalidan dan kepraktisan, serta efektivitas dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dengan lima langkah pengembangan: (1) Analyze (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Quizizz menarik dan dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan pada maharah qiraah dan kitabah peserta didik. Kevalidan produk mendapatkan nilai sangat valid dengan presentase ahli materi I 86,67%, ahli materi II 96,67%, ahli media 80%, dan respon peserta didik 90%. Tingkat efektivitas produk mendapatkan nilai cukup efektif dengan hasil uji efektivitas yang diperoleh yaitu rata-rata nilai pretest = 42,50 posttest = 74,23. Hasil perhitungan skor n-gain adalah 0,59 dengan presentasi 59,47%. Sehingga media pembelajaran berbasis Quizizz dalam pembelajaran bahasa Arab cukup efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada maharah qiraah dan kitabah.


Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran; Media Quizizz; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina, dkk. “Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Era Digital Guna Meningkatkan Nilai Kognitif pada Siswa MAN 3 Medan Kelas XI.” Jundikma: Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran (2023): 10. https://journal.jompu.org/index.php/jundikma

Amrullah, Ahmad Fikri. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana, 2021.

Asih, Rahiima Mulia dan Aji Heru Muslim. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 di Kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh.” Jurnal Jendela Pendidikan (2023): 334-335. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Ayu, An. Ghifaria, Darmawati dan Herdah. “Pengembangan E-Modul Bahasa Arab Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Al-‘Unwanu Kelas VII MTs PPM Al-Ikhlash Sulawesi Barat.” Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab (2024): 303. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat

Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2022.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.” Halaqa: Islamic Education Journal (2019): 36. https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa.

Cahyono, Machrup Eko, dkk. “Peran Khitobah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Era Modern.” Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab (2024): 224. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat

Dewi, Anita Candra, dkk. “Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan.” Journal on Education (2023): 9728. https://jonedu.org/index.php/joe

Izzan, Ahmad, dan Neni Nuraeni. “Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 31.” Jurnal Masagi (2023). https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm.

Kosim, Abdul. “Nama-Nama Pesantren di Bandung Raya,” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2021. https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/kalamuna

Kurniawan, Anggie Bagoes, dan Rusly Hidayah. “Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa.” JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, (2021): 94. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Maulana, Asep. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2023.

Mulyati, Made Ida. “Studi Pemilihan Warna Terhadap Interior Kamar Praktek Dokter dan Ruang Tunggunya Anak Berkaitan Terhadap Tingkat Stres Pasien.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, (2022): 7466. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk

Rantung, Deisy Alfamira, Arip Mulyanto, Ahmad Azhar Kadim, dan Sri Rahayu Ashari. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengelolaan E-Book Kelas X Tkj di SMK Negeri 1 Bulango Selatan.” Inverted: Journal of Information Technology Education (2023): 156–57. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted

Rohman, Syaiful. “Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Taksonomi Bloom.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam (2023): 92. https://www.ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah

Satria, Erwinsyah, dkk. “Pengembangan Media Interaktif Perpindahan Panas (Minterinas) dengan Game Menggunakan Pemroraman Berbasis Blok Scratch untuk Mahasiswa.” Jurnal Basicedu (2023): 2398. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Sa’ud, Udin Syaefudin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Slamet, Fayrus Abadi. Model Penelitian Pengembangan. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Waruwu, Marinu. “Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan, dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (2024): 1227. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp

Yanti, Insani Efrili, dan Yuni Fatisa. “Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi.” Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik (2022): 413. https://jurnal.uns.ac.id/jdc




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ainul Uyun, Darmawati Darmawati, Herdah Herdah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License