The Existence of the Mu‘askar al-Lughah al-‘Arabiyah Program in the Context of Digital Integration at Ma’had Aly As’adiyah Sengkang / Eksistensi Program Mu'askar al-Lughah al-'Arabiyah Dalam Rangka Integrasi Digital di Ma'had Aly As'adiyah Sengkang
Abstract
This paper examines the existence of Mu'askar Al-Lugah Al-Arabiyah Program at Ma'had Aly As'adiyah Sengkang. The research objectives are: (1) To understand the perceptions of the administrators and participants regarding the existence of the Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah program at Ma'had Aly As'adiyah Sengkang in the digital era; (2) To investigate the efforts of the Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah program in adapting to the digital era to sustain its relevance at Ma'had Aly As'adiyah Sengkang; (3) To assess the impact of digital technology adaptation on the learning outcomes and achievements of the participants. This study uses a descriptive qualitative approach to analyze the Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah program's response to digital challenges. Descriptive research describes existing phenomena in the field, while qualitative research analyzes and interprets social activities, attitudes, beliefs, and perceptions of individuals or groups. The findings reveal: (1) The program at Ma'had Aly As'adiyah Sengkang aims to enhance Arabic language skills and should continue despite technological adaptation challenges; (2) It combines traditional teaching with interactive and digital methods; (3) Digital technology adaptation has improved participants' language skills and comprehension of the material.
Abstrak: Tulisan ini mengkaji tentang eksistensi Program Mu'askar Al-Lugah Al-'Arabiyah di Ma'had Aly As'adiyah Sengkang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi pengurus dan peserta tentang eksistensi program Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah di Ma'had Aly As'adiyah Sengkang di era digital; (2) Untuk mengetahui upaya program Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah dalam beradaptasi dengan era digital agar tetap relevan di Ma'had Aly As'adiyah Sengkang; (3) Untuk mengkaji dampak adaptasi teknologi digital terhadap capaian pembelajaran dan prestasi peserta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis respons program Mu'askar al-Lugah al-'Arabiyah terhadap tantangan digital. Penelitian deskriptif menggambarkan fenomena yang ada di lapangan, sedangkan penelitian kualitatif menganalisis dan menginterpretasi aktivitas sosial, sikap, keyakinan, dan persepsi individu atau kelompok. Temuan penelitian ini mengungkapkan: (1) Program di Ma'had Aly As'adiyah Sengkang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab dan harus terus berlanjut meskipun menghadapi tantangan adaptasi teknologi; (2) Program ini menggabungkan pengajaran tradisional dengan metode interaktif dan digital; (3) Adaptasi teknologi digital telah meningkatkan keterampilan bahasa dan pemahaman materi peserta.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksenta, Almasari, et al. Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0, PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Amadi, Aunur Shabur Maajid, and Dina Wilda Sholikha. "Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Sistematic Literature Review". Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. Volume 1, Edisi 3, 2023.
Andalas, Eggy Fajar, dan Arif Setiawan. Desain Penelitian Kualitatif Sastra .UMMPress, 2020.
Al-Arif, Adin Hamzah, dan Septi Gumiandari, “Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Tantangan, Implementasi, dan Peluang, JIP”, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Edisi 7, t.t: t.p. 2024.
Arsyad, Azhar, dan Nurcholish Majid, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Beberapa Pokok Pikiran. Pustaka Pelajar, 2010.
Badi’ah, Zahrotul. "Implikasi teori belajar kognitif J. Piaget dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode audiolongual." Attractive: Innovative Education Journal 3.1, 2021.
Darmawati, dan Ambo Dalleq. Hypermedia: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital.CV. Kaaffah Learning Center, 2019.
Devi, Narmiyanti. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Bahasa Arab Tema “Profesi” untuk Anak Usia Dini. UIN Raden Intan Lampung, 2020.
Fajar. Eggy, Andalas and Arif Setiawan, Desain Penelitian Kualitatif Sastra. t.t: UMM Press, 2020.
Fatmawati. Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital. dalam jurnal Al- Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam 4.1, 2024: 1-8. dalam https://scholar.google.com# diakses 22 Oktober 2024).
Harahap. Nursapia, Penelitian kualitatif. 2020.
Haq, Samsul. "Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media". Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2023.
Helaludin, H W. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik, 2019.
Kaharuddin, Kaharuddin. Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif Melalui Metode Ta’sisiyah. IAIN Parepare Nusantara Press, 2019.
Kemdikbud. R I, KBBI Daring, 2021.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Al-Qosbah, 2021.
Lestari. Andini Masnur, dkk, Teori Belajar Kognitif Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Islam (t.d).
Makki. M. Ismail, dan Aflahah, Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran, t.p: 2019.
Makinuddin, Mohammad. Strategi pembentukan lingkungan bahasa Arab di Pesantren. Academia Publication, 2021.
Mardhiyah, Rifa Hanifa, et al. "Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia." Lectjura: Jurnal Pendidikan 12.1, 2021.
Meleong dalam Lestari, Ade, Azmi Fitrisia, dan Ofianto Ofianto. "Metodologi ilmu pengetahuan: kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk implementasi". dalam Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.6, 2022.
Mudlofir, H. Ali. Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada, 2021.
Muflihatin, dkk. Strategi Menumbuhkan Budaya Berbahasa Arab dengan Bi'ah di Pondok Pesantren Diwantara. dalam jurnal pendidikan sosial dan humaniora. 2022.
Muin, Muhammad Yunus. "Pembelajaran Bahasa Arab dan Penguatan Tradisi Keilmuan Pesantren di Pondok Pesantren As’ Adiyah Sengkang". Jurnal Shaut Al Arabiyyah, 2018.
Mukhid, M. Pd. "Penjaminan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Dengan Teknologi Pembelajaran."2023.
Munawaroh, Nenden, et al. "Penggunaan Aplikasi Android Dengan Inspring Suite 10 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Dalam Jurnal Media Pengabdian Komunikasi 4.1, 2024.
Morissan, Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2019.
Nadila, Sarah. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di SMA N 3 Unggul Sigli. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2024.
Nafila, Ariane, Dewi Utami, and Dadan Mardani. "Teori Belajar Behaviorisme Ivan Pavlov dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri." Journal on Education 5.4, 2023.
Nasaruddin dkk, Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab (t.p: CV. Gita Lentera, 2023), h. 10. Dalam https://www.google.co.id/books/edition/Transformasi_Pembelajaran_Bahasa_Arab/#/diakses 17 Oktober 2024.
Noviarini, Ni Putu, Ni Ketut Suarni, and I. Gede Margunayasa. "Dampak Teknologi sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa Ditinjau dari Teori Belajar Humanistik." Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9.1, 2024.
Nurkholis, “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs)”, dalam Jurnal Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, Volume 2, Edisi 2, t.t: t.p, 2019.
Purba, Andiopenta. "Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua". Jurnal Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Volume 2. Edisi 2, 2013.
Rahmawati, Sri Mulya, Kamaluddin Abunawas, dan Muhammad Yusuf. "Peran Bi’ah Lughawiyyah dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kab. Bone". Jurnal Inspiratif Pendidikan, Volume 11. Edisi 1, 2022.
Rahmawati. Yuliana "Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Dalam Proses Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri Sambirejo 1." Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. Vol. 6. 2024.
Ramadhan. Muhammad, Metode penelitian. t.t: Cipta Media Nusantara, 2021.
Rismawanti, Erni, Ninah Wahyuni Amaliah, and Fandi Ahmad. Perkembangan Peserta Didik. CV. Ruang Tentor, 2024.
Rohmah, Nabilatur, Arroyyabah Firdausiyah, and Muhammad Yunus Abu Bakar. "Implementasi Madzhab Teori Belajar Behaviorisrik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab." Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguistik Arab 6.2.
Sadriani, Andi, M Ridwan Said Ahmad, dan Ibrahim Arifin. Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital, in Seminar Nasional Dies Natalis 62, 2023.
Saepudin, Saepudin. Pembelajaran Bahasa Arab di Era Postmethode. IAIN Parepare Nusantara Press, 2022.
Saksono, Herie, et al. Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.
Salim, Haidir. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis Kencana, 2019.
Saputra, Andi Muh Akbar, dkk. Teknologi dan Informasi: Peranan TI dalam berbagai bidang. t.t: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Shabur, Aunur, Maajid Amadi dan Dina Wilda Sholikha. Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Sistematic Literature Review. dalam jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. 2023.
Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, and Anwar Mujahidin. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Journal of Chemical Information and Modeling, .2019.
Sulaiman, Sulaiman, and S. Neviyarni. "Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran." Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 2.3, 2021.
Sunarsa, Sasa. Penelusuran Kualitas dan Kuantitas Sanad Qira’at Sab’: Kajian Takhrij Sanad Qira’at Sab’.Penerbit Mangku Bumi, 2020.
Syukur, Anshar. Transformasi Pembelajaran: Aplikasi Media Baru di Kalangan Pelajar SMP. CV. Ruang Tentor, 2024.
Tungkagi, Fika Magfira, Ibadurrahman Ali, and Yuslin Kasan. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo, Al-Fakkaar. 2022.
Wahyudin. Dedih, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial.Bandung: Remaja Rosda Karya, 2020.
Wibowo, Hari. Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran Puri cipta media, 2020.
Yulianah, Metodologi Penelitian Sosial, 2021.
Zaini, Herman, dan Kurnia Dewi. "Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini, Raudhatul Athfal. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" Volume 1. Edisi 1, 2017.
Zakariah, M Askari, Vivi Afriani, dan Zakariah. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dasmarianti Dasmarianti, Darmawati Darmawati, herdah Herdah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License