Efektivitas Jigsaw Puzzle dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat: Studi Eksperimen di MTs. Darut Taqwa 02 / The Effectiveness of Jigsaw Puzzle in Enhancing Vocabulary Mastery: An Experimental Study at MTs. Darut Taqwa 02

Delia Rosidatun Nabila, Miftachul Taubah

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of Jigsaw Puzzle media in improving vocabulary mastery among eighth-grade students at MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Purwosari. The research employed a quantitative method with a One Group Pre-test Post-test design. Data were collected observation, interviews, tests, and documentation. The results of data analysis using the t-test and N-Gain test showed a significant improvement in students' vocabulary mastery. The findings revealed that the average N-Gain score was 0.77 (77.31%), which is categorized as high. These result indicate that the use of Jigsaw Puzzle media not only helps students memorize vocabulary but also enhances motivation, engagement, and interaction in Arabic learning process. Therefore, this media can serve as an innovative, effective, and enjoyable alternative for language learning.

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media Jigsaw Puzzle dalam meningkatkan penguasaan mufradat pada siswa kelas VIII di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pre-test Post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan uji-T dan uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan mufradat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain sebesar 0,77 (77,31%) yang diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media Jigsaw Puzzle tidak hanya membantu siswa dalam menghafal mufradat, tetapi juga meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan interaksi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian, media ini bisa menjasi alternatif pembelajaran yang inovatif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.


Keywords


Jigsaw Puzzle; Vocabulary Mastery; Arabic Learning; Quantitative Research

Full Text:

PDF

References


Adminfitk, “Penguasaan Mufrodat Bukan Hanya Sekadar Menghafal,” KOLOM MAHASISWA, 2020

Amelia, Ica, Abdul Muntaqim Anshory, dan Rohmatulloh Salis, “Analisis Komponen Kamus Arab-Indonesia Karya Mahmud Yunus Perspektif Ali Al-Qasimy / Analysis of the Components of Kamus Arab-Indonesiaby Mahmud Yunus Based onAli Al-Qasimy’s Perspective,” Loghat Arabi, 5.2 (2024), 16

Anjani, Devi Ayu, dan Siti Nurjanah, “Permainan Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Kecerdasan Anak Usia 4-5 Tahun,” Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7.2 (2014), 186–92

Arrayyan, Ahmad Faris, Suparmanto, Iin Elidatunnisa, Losi Handayani, dan Muhammad Syarif Hidayatullah, “Penggunaan Puzzle Sebagai Media Evaluasi Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah,” Al-Maraaji’, 8.1 (2016), 14–22

Azizah, Reza Nur, “Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII SMP Istiqomah Sambas Purbalingga,” 2016, 1–112

Badruttamam, Choerul Anwar, Dwi Rosyidatul Kholidah, dan Khofifah, “Pengembangan Media Puzzle Mufrodat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1,” Ibtida’, 2.2 (2021), 156–63

Bulqis, Nelly Mujahidah, dan Media Aprilyanti, “Efektivitas Permainan Puzzle Tebak Gambar Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab,” Armala IAIN Pontianak, 1.1 (2022), 13–31

Chandra, Ratnasari Dwi Ade, “Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019,” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01.01 (2019), 32–45

Fikriasari, Dias Nur, “Penggunaan Puzzle Sebagai Media Evaluasi Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” 2020, 195–204

Hidayat, Widhiastuti, Maulana Ihsan, Ropiatus Sa’adah, dan Akmal Maulana, “Penerapan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V MIS Tigaherang-Ciamis,” Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2.2 (2024), 149–59

Insani, Putri Radita, Rosita, dan Sri Marhanah, “Paired Sample T Test (Shera),” 2016, 1–12

Iskandarwassid, dan Danang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa (Bandung: UPI & Rosda, 2008)

Maghfirotun, Khubni, dan Mukaromah Lilya Sari, “Efektivitas Penerapan Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah,” IBTIDA: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 03.02 (2022), 198–210

Mawardi, Mustafa, dan Musdalifah Tamin, “Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah,” AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 5.1 (2022), 22–31

Muchtar, M. Ilham, “Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar,” Al-Maraji’, 2 (2018), 14–26

Mufid, Miftahul, dan M Saeful Anwar, “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Baamboozle Terhadap Peningkatan Keterampilan Memahami Kosa Kata Bahasa Arab di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di UNUGIRI / The Impact of the Educational Game Bamboozle on Arabic Vocabulary Comprehension Skills Among ,” Loghat Arabi, 5.2 (2024), 16 4>

Nurhayati, Dewi, dan Anisa Nabila, “Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab,” Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.2 (2023), 17

Pambudi, Archielian Satrio Putro, Anastaysa Benny Pratama, dan Nensy Megawati Simanjuntak, “Peranan Media Visual Terhadap Peningkatan Kosakata Siswa SD kelas 1 di SDN Wonorejo 3 Surabaya,” Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2.4 (2024), 251–64

Rahmiati, Asep Sunarko, dan Ahmad Rois, “Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an Wonosobo,” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6.1 (2022), 103–18

Rosyanafi, Rofik Jalal, Widya Nusantara, dan Halimah, “Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini,” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1.1 (2018)

Sholeh, Badrus, dan Hasan Syaiful Rizal, “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Kelas 4 MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan,” Studi Arab, 8.1 (2017), 45–56

Simanjuntak, Tarida Alvina, Model-Pembelajaran-Kooperatif-Ebook aprido dkk, ed. oleh Lisbet Novianti Sihombing, Pertama (Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia)

Slamet, Rokhmad, dan Sri Wahyuningsih, “Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja,” Manajemen & Bisnis Aliansi, 2014, 51–58

Suhaimah, Annisa, “Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa,” Dirasatul Ibtidaiyah, 3.1 (2023), 120–33

Sukarelawa, Irma, N-Gain vs Stacking, Pertama (Yogyakarta: Suryacahya, 2024)

Syarifuddin, dan Nikmatus Sa’aadah, Pengembangan Evaluasi, Penilaian Dan Tes Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Pertama (Yogyakarta: CV. Alif Gemilang Pressindo, 2021)

Tarigan, Djago, dan Henry Guntur Tarigan, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa, 1986)

Umiani, “Faktor Penghambat Pembelajaran Bahasa Arab di Mtsn 5 Bireuen,” At-Tarbiyyah, 1.1 (2021), 142–64

UPI, Humas, “Kebijakan Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia,” Portal Berita, 2020




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Delia Rosidatun Nabila, Miftachul Taubah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License