Efektivitas Kamus Saku Tematik Qomusul Jaibi Najwa Tsurayya Terhadap Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah / The Effectiveness of Qomusul Jaibi Najwa Tsurayya Thematic Pocket Dictionary on Arabic Vocabulary Mastery for Grade V Students of Madrasah Ibtidaiyyah
Abstract
One of the obstacles that is often encountered is the low willingness to bring a dictionary, and also the lack of teaching materials whose vocabulary is arranged systematically according to sub-themes so that students of elementary madrasahs can more easily understand it. This study aims to test and analyze how effective kutaib najwa tsurayya is in overcoming the problem of mastery of mufradat for students of class V of Madrasah Ibtidaiyyah An-nuur Negara Ratu. The research method used in this study is quantitative like a through an experimental approach. Based on the results of the independent samples test that has been carried out, indicate a significant improvement in vocabolary mastery of Arabic by using qomusul jaibi najwa tsurayya in class V of Madrasah Ibtidaiyyah An-nuur Negara Ratu with a Sig. (2-tailed) value of 0.004 <0.05, which indicates that Ho is rejected and Ha is accepted it’s means that there is an influence in the use of qomusul jaibi najwa tsurayya on improving students' mastery of Arabic vocabulary.
Abstrak: Salah satu kendala yang sering di jumpai adalah rendahnya kemauan untuk membawa kamus, dan juga belum ditemukannya bahan ajar yang kosa-kata nya tersusun secara sistematis sesuai sub tema agar siswa atau siswi madrasah ibtidaiyyah lebih mudah dalam memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa efektiv qomusul jaibi najwa tsurayya dalam mengatasi masalah penguasaan mufradat bagi siswa atau siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyyah An-nuur Negara Ratu. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu melalui pendekatan eksperimen. Bedasarkan hasil uji independent samples test yang telah dilakukan, menunjukan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab yang signifikan dengan menggunakan qomusul jaibi najwa tsurayya di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah An-nuur Negara Ratu dengan didapatkannya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan qomusul jaibi najwa tsurayya terhadap peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aidah, Adhe Nor, Ahmad Fadhel, Syakir Hidayat, Maryam Nur Annisa, Universitas Islam, Negeri Sultan, Aji Muhammad, and Idris Samarinda. “Pengaruh Metode Tamyiz Terhadap Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda.” Borneo Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2023): 2023.
Asna Ainun Ni’ma, “Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Kitabah),” vol. 2, n.d.
Dede Rizal Munir, Dede KH Rizal Munir STAI EZ Muttaqien, and Indonesia KH Ali irfan STAI EZ Muttaqien, “Analisis Penggunaan Kamus Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Di Kelas XI MIA Di MA Al-Muthohhar,” Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS) 1, no. 1 (2023).
Eky Achmad Basim, Siti Zaimatut Taqiyah, and Syafi’i. “Penggunaan Media Domino Mufrodat Untuk Meningkatkan Keterampilan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (July 30, 2022): 78–93. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6149.
Heriyanto, Heriyanto. "Evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran Bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I." Alif: Arabic Language in Focus 1.2 (2023): 53-60.
Ilham, Ramadhan Nur. "Pemanfaatan Kamus Digital Bahasa Arab-Indonesia Sebagai Sumber Belajar di SMP IT Ibnu Khaldun." Journal of Education Research 4.4 (2023): 1927-1937.
Imron, Ali, Dewi Farda Fajriyyah, Universitas Wahid Hasyim, SDN Srondol Wetan, Kata Kunci, Metode Bernyanyi, Menghafal Mufrodat, and Bahasa Arab. “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab Di MI,” 2021. https://doi.org/10.35878/guru/v1i1.255.
Irawan, Vaesol Wahyu Eka. "Dasar-Dasar Bahasa Arab bagi Siswa MI." MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan 13.2 (2024): 176-188.
Jamroh, Nur Maya Badriyatul, and Khoiratun Nisa. "Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi." TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 1.02 (2021): 317-333.
Karomah, Nilna, and Abdul Muntaqim Al Anshory. “Penggunaan Kamus Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam Di SMP Terpadu Al-Chodijah Jombang.” Shaut al Arabiyyah 10, no. 2 (December 15, 2022): 300–310. https://doi.org/10.24252/saa.v10i2.34201.
Lutfi, A Barzan, and Mochamad Afroni. “EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI KELAS VII A MAMBAUL ULUM TEGAL,” Jurnal Ilmiah Bashrah 1.02 (2021): 118-128.
Magdalena, I., et al. "Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2 (2), 311-326." 2020.
Muhammad Yamin et al., “Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah Di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda,” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo 3, no. 3 (2022): 2022, https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.
Nisa, I. K. "Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo, 1, 1-15." 2020.
Priadana, M. Sidik, and Denok Sunarsi. Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books, 2021.
Rizal, Dede, Munir Ez Stai, Indonesia Muttaqien, Nurlatifah Siti, and Ez Stai. “Efektivitas "Metode Tebak Kata " Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS) 1, no. 2 (2023).
Rizal, Dede, Munir Ez Stai, Indonesia Muttaqien Purwakarta, Nurmawati Elsa, and Ez Stai. “Metode Reward Dan Punishment Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab.” Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS) 1, no. 2 (2023).
Rohman, Abdul. "Bahasa Arab dan problematika pembelajarannya." Sanaamul Quran: Jurnal Wawasan Keislaman 3.1 (2022).
Rozi, Muhammad. Wawancara. Oleh Hanif. 11 November 2024.
Sahib, M, Saleh Syahruddin, and Muh Syahrul Saleh. “MEDIA PEMBELAJARAN PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA,” n.d.
Salida, Ainun, and Zulpina Zulpina. "Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah." Jurnal Sathar 1.1 (2023): 23-33. https://doi.org/10.59548/je.v1i1.40.
Saputra, Domi, and Muhamad Fidri. “PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN KOSA KATA.” Jurnal AS-SAID. Vol. 2022, n.d.
Viola Maharani, Robbillah Al Quddus, and Khizanatul Hikmah, “Najwa Tsurayya E-Book on Canva Platform for Muhadatsah Learning E-Book Najwa Tsurayya Di Platform Canva Untuk Pembelajaran Muhadatsah,” n.d., https://doi.org/10.21070/jicte.v8i2.1663.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Fahmuddin Hanif, Muhammad Afif Amrulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License