Efektifitas Aplikasi Arabic Listening Speaking dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa: Studi Kasus di MA Al- Hidayah Pasuruan / The Effectiveness of Arabic Listening Speaking Application in Improving Students' Arabic Speaking Skills: A Case Study at MA Al-Hidayah Pasuruan

Muhamad Hujatul Islam, Mochamad Hasyim, Miftachul Taubah

Abstract


This study aims to test the effectiveness of the Arabic Listening Speaking application in improving students' maharah kalam at MA Al-Hidayah Pasuruan. The research method used is quantitative with a one group pretest and posttest experimental design, involving all students as research subjects. Data collection was carried out through pretest and posttest as well as classroom observation. The results of data analysis showed that there was a significant increase in maharah kalam ability, as indicated by the paired sample t-test significance value of 0.001. In addition, the N-Gain value of 60.98% showed an increase in the moderate category. The findings from the observation also strengthen that the use of the Arabic Listening Speaking application is able to create an interactive, innovative, and enjoyable learning atmosphere. Overall, this study makes a significant contribution to the development of Arabic language learning in Indonesia and confirms the positive potential of using technology to support the learning process.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan aplikasi Arabic Listening Speaking dalam meningkatkan maharah kalam siswa di MA Al-Hidayah Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan eksperimen one group pretest and posttest, dengan melibatkan seluruh siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest serta observasi kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan maharah kalam yang signifikan, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi paired sample t-test sebesar 0,001. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 60,98% menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Temuan hasil observasi juga memperkuat bahwa penggunaan aplikasi Arabic Listening Speaking mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, inovatif, dan menyenangkan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan menegaskan potensi positif penggunaan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.


Keywords


Arabic Listening Speaking Application; Maharah Kalam; Digital-based learning media; Arabic speaking skills

Full Text:

PDF

References


Arrizqa, Ahmad Dian Hafizh. “Penggunaan Aplikasi Mondly Untuk Meningkatkan Kemampuan Pelajar Pada Keterampilan Mendengar (Studi Eksperimen Di Asrama Sulaimaniyah Banda Aceh)” (2023). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30564/.

Atika, Nur Apriyanti, and Muassomah Muassomah. “Penggunaan Media Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah (Imla’) Bahasa Arab Di Era Industri 4.0.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2020): 277–297. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/liar/article/view/1256.

Ayuningtyas Utami, Tyas. ““Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas V Di Sd It Tihamah Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021” (2021). https://repository.uinsaizu.ac.id/11407/1/.

Darma, B. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA, 2021.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method ). Kuningan: Hidayatul Quran, 2019.

Hidayatullah, Taufiqurrahman, Mad Ali, and Shofa Musthofa Khalid. “Analisis Penggunaan DUOLINGO Sebagai Media Pembelajaran Maharah Istima’ Pada Abad 21.” Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam 22, no. 1 (2024): 148–157. https://doi.org/10.69552/ar-risalah.v22i1.2385.

Islami, Nur Fitriatus, Linaria Arofatul Ilmi, and A F Suryaning Ati MZ. “Urgensi Pengembangan Media Pop-up Book Digital Berbasis Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 7, no. 2 (2024): 704–714. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/4195.

Izzan, H Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora Utama Press, 2011.

Khairani, Dia Ayu, and Sahkholid Nasution. “The Effect of Flash Cards Media on Maharah Kalam Students of MAN 2 Model Medan.” Studi Arab 14, no. 1 (2023): 61–75. http://repository.uinsu.ac.id/20920/.

Mufid, Miftahul, and M Saeful Anwar. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Baamboozle Terhadap Peningkatan Keterampilan Memahami Kosa Kata Bahasa Arab Di Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab Di UNUGIRI/The Impact of the Educational Game Bamboozle on Arabic Vocabulary Comprehension Skills Among St.” Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (2024): 335–350. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/307.

Puspitasari, Putri, and Mochamad Hasyim. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Maharah Kalam Kelas VIII MTs Babul Futuh Pandaan.” LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA 3, no. 1 (2024). https://journal.ummat.ac.id/index.php/LUGATUNA/article/view/23225.

Rachma, Aulia Salsabila, Ade Anang, Agung Mardani, Uus Ruswandi, and Yeti Haryati. “Model Pembelajaran ASSURE Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Dengan Aplikasi DUOLINGO.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2024): 2013–2025. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11669.

Subita, Aulia, Mohammad Ahsanuddin, and Romyi Morhi. “The Effect Of Using Memrise On Maharah Qira’ah Among The Seventh Grade Students At Mtsn 1 Malang City: Pengaruh Penggunaan Memrise Terhadap Maharah Qira’ah Pada Siswa Kelas VII Mtsn 1 Kota Malang.” al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 2 (2022): 248–266. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/almahara/article/view/2022.082-04.

Sulthon, Elok Aini, M Bahau, and N Ikhsanuddin. “Membangun Interaksi Harmonis Dan Produktif Antara Siswa Dan Guru Di Madrasah Ibtidaiyah.” Joedu: Journal of Basic Education 2, no. 02 (2024).

Supriadi, Gito. Statistik Penelitian Pendidikan. Pertama. Yogyakarta: UNY Press, 2021.

Surani, Dewi. “Studi Literatur: Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:456–469, 2019. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797.

Syarifuddin, and Nikmatus. Pengembangan Evaluasi, Penilaian Dan Tes Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: AG Publisher, 2021.

Taubah, Miftachul, and Muhammad Nur Hadi. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam.” Jurnal Mu’allim 2, no. 1 (2020): 57–65. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/97160876/1610.

Wafa’Rizqiyya Adira. “Efektivitas Media Duolingo Sebagai Aplikasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Ix Mts Al Riyadhul Jannah Kabupaten Lebak-Banten Tahun Ajaran 2022/2023” (2023). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59475/.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v6i1.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhamad Hujatul Islam, Mochamad Hasyim, Miftachul Taubah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License