Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Kanang Polewali Mandar (The Effect of Using Picture Card Media on Increasing Interest in Learning Arabic for Class VII Students of MTs DDI Kanang Polewali Mandar)

Muawiyah Muawiyah, Hamzah Hamzah, Husnah Z., Mujahid Mujahid, Munawarah Munawarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu pendekatan ini berangkat dari suatu teori, gagasan para ahli ataupun dikembangkan menjadi permasalahan dan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh kebenaran dalam bentuk dukungan data empiris lapangan dan juga memerlukan analisis statistik, yaitu dengan menggunakan angka-angka untuk mencapai kebenaran hipotesis. Angka-angka di sini mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembuatan, penggunaan dan pemecahan masalah model kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs DDI Kanang berjumlah 156 siswa yang terbagi dalam 6 kelas kemudian 2 kelas diambil sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essai yang didalamnya gambar-gambar peralatan sekolah kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Arab. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus “t-test”. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t = tabel dimana t hitung = 14,52 sedangkan t tabel = 2,064, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel  maka hipotesis diterima dan ini berarti proses “penerapan media kartu bergambar berpengaruh digunakan dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab” khususnya pada pembelajaran mufradat pada siswa kelas VII MTs DDI Kanang.

Abstract

This research aims to find out the influence of using picture card media on the interest in learning Arabic for class VII students of MTs DDI Kanang Polewali Mandar. This type of research is quantitative research, that is, this approach departs from a theory, the ideas of experts or developed into problems and along with its solutions proposed to obtain the truth in the form of empirical data support field and also requires statistical analysis, namely by using numbers to achieve the truth of the hypothesis. The numbers here have a very important role in the creation, use and problem solving of quantitative models. The research method used is the experimental method. The population in this study, namely class VII MTs DDI Kanang students, amounted to 156 students who were divided into 6 classes and then 2 classes were taken as samples. The instrument used is a test question of completion in which pictures of school equipment are then translated into Arabic. The data analysis technique used is to use the formula "t-test". The results of the data analysis showed that by comparing the magnitude of t obtained in the calculation listed on the value t = table where t counts = 14.52 while t table = 2.064, because t calculates is greater than t table then the hypothesis is accepted and this means that the process of "application of influential pictorial card media is used in increasing interest in learning Arabic" especially in mufradat learning in students of class VII MTs DDI Kanang.


Keywords


Pengaruh Media Gambar, Minat Belajar, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahmad khori dan Asri Widya Astuty, “Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pengajaran Kosakata Bahasa Arab”, vol. 1 no. 1 (Maret 2017). http://ojs.uninus.ac.id/index.php/basis/article/view/96

DEPDIKBUD, Edisi Khusus Mutu. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar, 2019.

Gunawan, G., L. . Kustiani, and L. . Sri Hariani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, vol. 12, no. 1, Sept. 2020, pp. 14-22, https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840

Hapnita, Widia. "Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017." Cived 5.1 (2018). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/9941

Kunandar, Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Cet. VII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2018.

Lomu, Lidia, and Sri Adi Widodo. "Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, (2018). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2412

Mahmud, Basri, and Hamzah Hamzah. "Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 23-36. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/3

Nurhafizah dan Sarah Noviyanti Latuconsina, “Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Mambi Kabupaten Mamasa”, vol. 1 no.1 (Juli 2021). http://www.ejuornal.pendidikan/al-fashahah/article/view/16344

Nurhayati, “Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II SDI Integral Luqman Al Hakim 02 Batam”, vol. 1 no.2 (Juni 2021). http://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/46

Pramana, Made Wisnu Adi, I. Nyoman Jampel, and Ketut Pudjawan. "Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning." Jurnal Edutech Undiksha 8.2 (2020): 17-32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28921

Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. "Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 3.2 (2018): 173-181. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/11762

Sawawa, Danur, Agus Solehudin, and Sabri Sabri. "Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin." Journal of Mechanical Engineering Education 5.1 (2018): 21-26. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/12615

Syafi'i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah. "Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi." Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2 (2018): 115-123. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v3i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muawiyah Muawiyah, Hamzah Hamzah, Husnah Z, Mujahid Mujahid, Munawarah Munawarah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License