Peran Mu‘askar al-Lughah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab / The Role of Mu'askar al-Lughah In Improving Arabic Speaking Skills

Basmala Basmala, Mujahid Mujahid, Rahmat R, Hamzah Hamzah, Basri Mahmud

Abstract


This is study aims to describe the role of language camps in improving Arabic speaking skills for KIBAR IAI DDI Polewali Mandar students in the 2021/2022 academic year. This type of research is qualitative research that builds meaning based on field data. This qualitative research procedure produces descriptive data in the from of written or spoken words from people and observable behavior. Data was collected by conducting observations, in-depth interviews, and documentation. Data analysis was carried out by reducing data, presenting data, and verifying data. Testing the validity of the data used is triangulation, member check, increasing persistence. The results of this study are 1) the role of language camps in improving Arabic speaking skills for KIBAR IAI DDI Polewali Mandar students for the 2021/2022 academic year is to form an Arabic language environment. 2) The inhibiting factors is the lack of ability of the committee in directing students who have not been able to speak Arabic well. Supporting factors include the Arabic environment throughout the day and mastery of Arabic vocabulary. 3) The language camp program has a positive impact, namely being able to speak Arabic in daily activities.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran muaskar al-lugah dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada pelajar KIBAR IAI DDI Polewali Mandar tahun akademik 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, member check, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini yaitu 1) peran muaskar al-lugah dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada pelajar KIBAR IAI DDI Polewali Mandar tahun akademik 2021/2022 ialah membentuk lingkungan bahasa Arab. 2) Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya kemampuan panitia dalam mengarahkan pelajar yang belum mampu berbahasa Arab dengan baik. Faktor pendukungnya meliputi lingkungan bahasa Arab sepanjang hari dan penguasaan kosakata bahasa Arab. 3) Program muaskar al-lugah memberikan dampak positif yaitu mampu berbicara menggunakan bahasa Arab dalam aktivitas sehari-hari.


Keywords


Language Camp; Speaking Skills; Arabic Learning

Full Text:

PDF

References


Aziz, Abd dan Saihu Saihu. "Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab." Arabiyatuna> Jurnal Bahasa Arab, vol. 3 no. 2 (November 2019). https://bit.ly/3tGiVE0 (Diakses 04 Maret 2022).

Basith, Abdul dan Yusuf Setiawan. Implementasi Biah Lughawiyyah dalam Meningkatkan Maharah Kalam. Tadris al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, vol. 2 no. 1 (Januari 2022). https://bit.ly/3KoPk8K (Diakses 2 April 2022).

Ilmiani, Aulia Mustika dan Abdul Muid. Biah Lughawiyyah Era Society 5.0 melalui Penggunaan Media Sosial Mahasiswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, vol. 6 no.1 (2021). https://bit.ly/3Cpf9mm (Diakses 04 Maret 2022).

Irwan, Muhammad. Perkampungan Bahasa Arab dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di IAIN Parepare. Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol. 7 no. 1 (2021). https://bit.ly/3CpueEj (Diakses 2 April 2022).

Kementrian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaa 2019 (Cet 1; Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, 2019), h. 325.

Nufus, Hayati. Peranan Biah Lughawiyyah dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Santri Mahad Dar al-Quran Tulehu Maluku Tengah. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, vol. 1 no. 1 (Juni 2019). https://bit.ly/3w3R5nx (Diakses 11 Mei 2022).

Sauri, Sofyan. Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. Insancita, vol. 5 no. 1 (Februari 2020). https://bit.ly/3vP98On (Diakses 04 Maret 2022).

Undang Undang Sisdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Informan

Darmilah Awaliyah (23 Tahun). Peserta Kegiatan Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 18 Juli 2022.

Hamzah (35 Tahun). Pembina Kegiatan Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 18 Juli 2022.

Irfan Setiawan Frakana (27 Tahun). Panitia Pelaksana Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 1 Juli 2022.

Khairullah (26 Tahun). Pembina Kegiatan Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 1 Juli 2022.

Muh Dainur (22). Peserta Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 18 Juli 2022.

Suardi (23 Tahun). Ketua Panitia Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 17 Maret 2022.

Winda Sukrana (23 Tahun). Pembina Kegiatan Muaskar al-Lugah KIBAR IAI DDI Polewali Mandar Tahun Akademik 2021/2022. Wawancara. Polewali, 15 Juli 2022.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v4i1.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Basmala Basmala, Mujahid Mujahid, Rahmat R, Hamzah Hamzah, Basri Mahmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License