Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Arab Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo (Improving Arabic Language Skills for Non-Arabic Education Students at Zainul Hasan Genggong Islamic University, Probolinggo)

Yeniati Ulfah

Abstract


Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari kegiatan pembelajaran bahasa Arab mahasiswa non Pendidikan Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan mereka melalui uraian bentuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Arab, dan solusi yang ditawarkan. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari pihak yang terlibat yaitu dosen dan mahasiswa sebagai peserta pembelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa non Pendidikan Bahasa Arab adalah dengan mengadakan pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan strategi pembelajaran salah satunya dengan menerjemahkan kosakata, menyusun kosakata menjadi sebuah kalimat, berlatih hiwar, membaca teks, menganalisa teks. Diantara solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah dengan waktu yang cukup dan secara terus-menerus dalam pembelajaran bahasa Arab, adanya bahan ajar yang memadai dengan memberikan bekal pelatihan dan workshop untuk pengajar bahasa Arab, menggunakan media pembelajaran bahasa Arab selain buku, menciptakan lingkungan bahasa Arab dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran tersebut.

 

Abstract

This study explains and describes efforts to improve the Arabic language skills of Non-Arabic Language Education (PBA) students. This research aims to find out from the Arabic language learning activities in improving the abilities of non-Arabic Language Education students, through a description of the implementation of Arabic language learning activities, and the solutions offered. This research is a descriptive qualitative research by collecting data from the parties involved, namely lecturers and students as participants in learning Arabic. Data collection through observation and interviews. Data analysis techniques using miles and huberman models include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study show that the efforts made in improving the Arabic language skills of non-Arabic Language Education students are by holding Arabic language learning, namely with learning strategies, one of which is by translating vocabulary, compiling vocabulary into a sentence, practicing conversation, reading texts, analyzing texts. The solution offered to improve the implementation of these activities is with sufficient time and continuously in Arabic language learning, the existence of adequate teaching materials by providing training and workshops for Arabic teachers, using Arabic learning media other than books, creating an Arabic environment, and evaluating the learning activities.


Keywords


Bahasa Arab; Kompetensi Bahasa; Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Bulkisah, Bulkisah. "Pembelajaran bahasa Arab pada perguruan tinggi agama Islam di Indonesia." JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 12.2 (2012). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/455

Fathoni, Muhamad. "Pembelajaran Maharah Istima’." Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2018): 199-218. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/view/162

Maghfiroh, Ulfa, Ahmad Miftahuddin, and Nailur Rahmawati. "Pengembangan Buku Penunjang Pembelajaran Tarakib Bahasa Arab Berbasis Metode Mnemonic Untuk Siswa Kelas X Ma/Sma Sederajat." Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 9.1 (2020): 38-50. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/39309

Mahmud, Basri, and Hamzah Hamzah. "Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 23-36. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/3

Munawarah, Munawarah, and Zulkiflih Zulkiflih. "Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.2 (2021): 22-34. https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/15

Mustofa, Bisri dan Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

Nasution, Ahmad Sayuti Anshari. Bunyi Bahasa. Jakarta: Amzah, 2018.

Sadiyah, Halimatus. "Bermain peran (role playing) dalam pembelajaran maharah al-kalam di PKPBA UIN Maliki Malang." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3.2 (2018): 1-29. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3495

Hasil wawancara dengan Ibu Magfirotul Hamdiah, Ketua Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Pada tanggal 07 Oktober 2022.

Hasil Wawancara dengan Lilis Wulandari, Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Pada tanggal 07 Oktober 2022.

Hasil Wawancara dengan Khoarotul Kamalia, Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Pada tanggal 15 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan bapak Ahmad Khumaidi, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pada tanggal 01 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan Nur Inayah, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pada tanggal 01 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan Nafi’atul Khoiriyah, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pada tanggal 01 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan bapak Mahfudz Sulaiman, Direktur Pusat Studi Bahasa Asing, Pada tanggal 12 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan bapak Edi Kurniawan Farid, Dosen Bahasa Arab Pusat Studi Bahasa Asing, Pada tanggal 12 Oktober 2022.

Hasil wawancara dengan Nur Kamilah, Mahasiswa Program Bahasa Arab Pusat Studi Bahasa Asing, Pada tanggal 12 Oktober 2022.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v3i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yeniati Ulfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License