Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa / The Effectiveness of Lectora Inspire-Based Interactive Learning Media to Improve Students' Arabic Reading Skills
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of interactive learning media based on the Lectora Inspire application to improving Arabic reading skills with the trial class being class VII A MTs Negeri 2 Kotamobagu in the 2022/2023 academic year. This research is a type of experimental research used pre-experimental design one group pretes-posttes. The data analysis technique used was paired sample t-test with the hypothesis H0 = There was no increase from the results of the pretest to the posttest after being given the action, and H1 = there was an increase from the results of the pretest to the posttest after being given the action. The results obtained from the pretest and posttest data show that the posttest score of students with an average of 75.67 is greater than the pretest with an average of 39.00, through the calculation of the effectiveness test it is known that Thitung 9,003 > Ttabel 1,761 with a sig value of 0.00 smaller from 0.05. So it is concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, this means that interactive learning media using Lectora Inspire is effective in improving the Arabic reading ability of class VII MTs Negeri 2 Kotamobagu. With these conclusions, this media can be a solution for teachers in improving Arabic language skills.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VII A MTs Negeri 2 Kotamobagu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental pre-experimental design one group pretes-posttes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sample t-test dengan hipotesis H0 = Tidak terjadi peningkatan dari hasil pretest ke posttest setelah diberi tindakan, dan H1 = terjadi peningkatan dari hasil pretest ke posttest setelah diberi tindakan. Hasil penelitian diperoleh dari data pretest dan posttest menunjukkan nilai posttest siswa dengan rata-rata 75,67 lebih besar dibandingkan pretest dengan rata-rata 39,00, melalui perhitungan uji efektivitas diketahui bahwa Thitung 9,003 > Ttabel 1,761 dengan nilai sig 0,00 lebih kecil dari 0,05. Sehingga diambil kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, ini artinya bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kotamobagu. Dengan adanya simpulan tersebut, maka media ini mampu menjadi solusi bagi para pendidik dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrina, Adam Mudinillah, and Siti Mahmudah Indarpansa. “Pemanfaatan Aplikasi Plotagon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN.” Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam 3, no. 1 (2022): 31–43.
Amrina, Adam Mudinillah, and Multia Sari. “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Mts Kelas VIII Kota Baru.” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan 10, no. 02 (2021): 417–424.
Belanisa, Fadilah, Fachrur Razi Amir, and Desky Halim Sudjani. “Pengembangan E-Modul Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 1–11.
Erniwati, M. Sirih, Hasnawati, Lili Darlian, and Ahdiat Agriansyah. “Pendampingan Pembuatan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Software Lectora Inspire Di SMA.” JCES: Journal of Character Education Society 3, no. 3 (2020): 707–717.
Fauji, Vina Anisatul, Darul Qutni, and Muchlisin Nawawi. “Efektivitas Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring (Al-Jahriyah) Dan Membaca Dalam Hati (Ash-Shamitah) Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2018/2019.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 1 (2020): 74–79. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.
Haj, Amirul, Ni Ketut Alit Suarti, and Indriaturrahmi. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI Di MA Al-Istiqomah Telagawaru.” Lentera Pendidikan Indonesia 3, no. 1 (2022): 203–208. http://e-journal.lingkarpenaindonesia.com/index.php/lpi.
Hima, Lina Rihatul, and Samidjo. “Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (2019): 134–139.
Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah. “Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’rib 8, no. 1 (2020): 17–32.
Istiqomariyah, Moh. Sutomo, and Mashudi. “Implementasi Media Pembelajaran Lectora Inspirace 17 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam 02, no. 01 (2022): 33–40.
Kahfi, Istaqul, Moh. Sutomo, and Moh. Sahlan. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Fiqih.” Al-Adabiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2021): 160–168. http://al-adabiyah.iain-jember.ac.id.
Latifah, S, Yuberti, and V Agestiana. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11, no. 1 (2020): 9–16.
Mahfudhah, Alawiyah, Dewi Hamidah, and Eka Resti Wulan. “E-Modul Interaktif Lectora Inspire Dengan Pendekatan Realistik Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis.” Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 10, no. 1 (2022): 35–60.
Mahliatussikah, Hanik. “Development of Interactive Learning Media ‘Lectora Inspire’ for Balaghah Learning.” Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research 612 (2021): 128–133. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.
Mandasari, Desy, Kholilur Rahman, and Riza Faishol. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2020): 37–55.
Maulana, Muhammad Nafhan, and Fadlan Fahamsyah. “Efektivitas Penerapan Metode Qiraʾah Jahriyyah Dalam Meningkatkan Mahārah Qiraʾah Bahasa Arab Terhadap Siswa Kelas III MI YKUI Maskumambang.” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa 12, no. 2 (2022): 225–234.
Musthafa, Fera Andriani Djakfar, and Nanda Siti Maymunah. “Efektivitas Penggunaan Media Strip Story Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII (2021): 615–627.
Nisa, Alya, and Ike Sylvia. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sosiologi SMA Berbasis Lectora Inspire.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2021): 132–148.
Nurcholis, Ahmad, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, and Muhamad Asngad Rudisunhaji. “Karakteristik Dan Fungsi Qira’ah Dalam Era Literasi.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 18, no. 2 (2019): 131–146. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah.
Nurhalim, Sa’odah, and Rahmawati Eka Saputri. “Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas V SDN Karawaci 10.” Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 3 (2021): 472–484. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.
Prasetyo, Sigit. “Pengembangan Media Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Sains Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2015): 319–337.
Rahmawati, Nurvia Dwi, and Joni Susilowibowo. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Laporan Harga Pokok.” Jurnal Teknologi Pendidikan 13, no. 2 (2020): 107–114.
Rintaningrum, Ratna. “Explaining the Important Contribution of Reading Literacy to the Country’s Generations: Indonesian’s Perspectives.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 5, no. 3 (2019): 936–953.
Ristiani, Siti Mayyuthi’i, Retno Triwoelandari, and Yono. “Pengembangan Media Lectora Inspire Versi 12 Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa.” Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education 5, no. 1 (2021): 30–40.
Samsiadi, and M. Nurul Humaidi. “Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 1 Berau Kaltim.” Research and Development Journal of Education 8, no. 2 (2022): 666–673.
Sanca, Pangga Aji, Ekohariadi, IGP Asto Buditjahjanto, and Tri Rijanto. “Pemanfaatan Media Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di SMK Negeri 3 Surabaya.” JIPI: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika 06, no. 02 (2021): 277–285.
Setiawati, Dewi Teti. “Analisis Kemampuan Guru PAI Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Di SMP Muhammadiyah Serbalawan.” All Fields of Science J-LAS Jurnal Penelitian 3, no. 1 (2023): 51–60. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/index.
Shalikhah, Norma Dewi, Ardhin Primadewi, and Muis Sad Iman. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Warta LPM 20, no. 1 (2017): 9–16.
Shiddiqy, Isymayati Ash, and I Nyoman Suputra. “Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 10, no. 1 (2022): 94–106. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap.
Suyuti, Muh Hikamudin. “Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa MI Melalui Media Buku Bergambar Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 6 (2022): 6908–6912.
Tolinggi, Syindi Oktaviani R, and Erni Wahyuningsih. “Teknik Dan Instrumen Penilaian Maharah Al-Qira’ah Ditinjau Dari Tingkat Dan Tujuan Pembelajarannya.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 20, no. 2 (2022): 187–208.
Wahyuni, Nurul, Adripen, and Susi Herawati. “Pengembangan Modul Interaktif Dengan Menggunakan Lectora Inspire 18 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Tanah Datar.” At-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 25–34. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/at-tarbiyah.
Wijoyo, Toto. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Mts Kelas VIII.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 5, no. 1 (2016): 5–10. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v4i2.76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sahrul Muhamad, Alfarizi Farhan Mokoagow, Munirul Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License