Peran Pengajian Halaqah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Nahwu Santri Di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro, Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. I; Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Arifuddin, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. PustakaSetia, 2009.
Asyari, Suaidi, Nalar Politik NU Muhammadiyah Overcrossing Javasentris, Cet. I ; Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2009.
al-Bajah, Abdul Fattah Hasan, Usul Tadris al ’Arabiyah baina an Nazariyah Wa al Mumarasah, Libanon: Dar al Fikr, 1999.
al-Busthomi, Abdul Qodir, Ilmu Nahwu dan Mengenal Ilmu Sharaf http://abdulqodiralbusthomi.blogspot.com/2012/05/ilmu-nahwu-dan-mengenal-ilmu-sharaf.html
Dokumen Staf Tata Usaha MA Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Tahun 2020.
Fahri, Abdullah, Implikasi Penguasaan Nahwu Sharaf Siswa Terhadap Pemahaman Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I, Yogyakarta: tp: 2009.
Hamid, M. Abdul dkk, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang: UIN Maliki Press, 2008.
Hifni Bek Dayyab dkk, Kaedah Tata Bahasa Arab, Jakarta: Daru Ulum Press, 2010.
Kojin, Perkembangan Ilmu Nahwu Melalui Metode Kritik, Tulung Agung: STAIN Tulung Agung Press, 2013.
Lubis, Satria Hadi, Menggairahkan Perjalanan Halaqah: Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full Manfaat, pro you, Yogyakarta: 2011.
Machendrwati,dkk, Pengembangan Masyarakat Islam Dari Ediologi Strategi Sampai Tradisi, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya Offset, 2001.
Muh. Faiz, dkk, Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa 1974-2018 Pattingalloang Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Kesejarahan Vol.7, April 2020.
Munawwir, Ahmad Warson, Al-Munawwir, Kamus Arab-Indonesia, Cet. II; Pustaka Progresif, 2001.
Nisa, Akramun; Tradisi Kitab Kuning dalam Peningkatan kualitas Pesantren, Gowa, UIN Alauddin Makassar.
Qutb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, Terj. Salman Harun, Cet.III; Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1993.
Rama, Bahaking, Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jakarta: Prodatama Wira Gemilang, 2003.
Salinan UU Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019, Tentang Pesantren ayat (3).
Samak, Muhammad Salih, Fann at Tadris li at Tarbiyah al Lughawiyah, Kairo :Dar al-Fikrbal’Arabi, 1998.
Siradj, Said Aqiel, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren,Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Soehartono, Irwan, Metode Penelitian Sosial Suatu Tehnik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial lainnya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Suharto, Babun, Pondok Pesantren dan Perubahan Sosial, Cet. I; Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2018.
Syahatah, Hasan, Ta’lim al lughah al Arabiyyahbaina an Nazariyahwa at Tatbiq, Libanon ; Dar al Misriyah al Lubnaniyah: 1989.
Takdir, Mohammad, Modernisasi Kurikulum Pesantren Konsep dan Metode Antroposentris, Cet I; Yogyakarta: IRCiSOD, 2018.
Team Depag RI, Pola Pembelajaran di Pesantren, Jakarta: Ditpekapontren Ditjen Binbaga Depag RI, 2003.
Yazid, Abu, dkk, Paradigma Baru Pesantren, Cet. I; Yogyakarta: IRCISoD, 2018.
Yunus, Mahmud, Metodik Khusus Bahasa Arab; Bahasa Al-Qur’an, Hidakarya Agung, 1983.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v1i2.16
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Zaitun Zaitun, Hasmulyadi Hasmulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License