Inovasi Penilaian Maharah Kitabah Dengan Pendekatan Taksonomi Bloom Pada Buku Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Terbitan Kementerian Agama tahun 2020 / Innovation in Maharah Kitabah Assessment with Bloom's Taxonomy Approach in Arabic Language Learning Books for Class X Published by the Ministry of Religion in 2020
Abstract
An inappropriate assessment system results in ineffective and inefficient learning objectives. The assessment in the 2020 Ministry of Religion published Arabic Madrasah Aliyah Class Meanwhile, the ability to write (maharah kitabah) requires affective and psychomotor competencies to represent cognitive skills, so that the learning objectives of maharah kitabah are achieved optimally. This research aims to help teaching staff in determining appropriate assessment actions. The method used in this research is library research. Based on the literature analysis in this article, there are research results, namely: a). The assessment of the Arabic language learning book for class b). The innovation in assessing Arabic language learning in the maharah kitabah using Bloom's Taxonomy approach is very effective. This is because in learning Arabic, especially in writing skills, there is a hierarchical structure of language competence which is related to the four Arabic language skills. So, if it is connected to the assessment system in Bloom's Taxonomy, it can be concluded that there are three assessment domains, namely the cognitive domain, the affective domain, and the psychomotor domain, which are very appropriate to use as indicators for assessing the maharah kitabah in the Class X Arabic learning book published by the Ministry of Religion in 2020.
Abstrak: Sistem penilaian yang kurang tepat berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak efektif dan efisien. Penilaian dalam buku bahasa Arab madrasah aliyah kelas X terbitan kemenag tahun 2020, menitikberatkan kemampuan kongnitif dan psikomotorik serta masi terdapat kekurangan pada ranah afektif khususnya pada maharah kitabah. Sedangkan dalam kemampuan menulis (maharah kitabah) memerlukan kompetensi afektif serta psikomotorik untuk merepresentasikan skil kongnitifnya, agar tujuan pembelajaran maharah kitabah tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan dapat membantu tenaga pendidik dalam menentukan tindakan penilaian secara tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (library research). Berdasarkan analisis literatur pada artikel ini terdapat hasil penelitian yaitu: a). penilaian pada buku pembelajaran bahasa Arab kelas X terbitan kemenag tahun 2020, belum secara maksimal menerapkan sistem penilaian afektif. b). Inovasi penilaian pembelajaran bahasa Arab pada maharah kitabah dengan pendekatan Taksonomi Bloom sangat evektif. Hal ini di sebabkan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis terdapat struktur hierarki kompetensi berbahasa yang memiliki keterkaitan dengan keempat keterampilan berbahasa Arab. Sehingga jika di hubungkan dengan sistem penilaian pada Taksonomi Bloom, maka dapat disimpulkan terdapat tiga ranah penilaian yaitu ranah kongnitif, ranah afektif, serta ranah psikomotorik, yang sangat tepat digunakan sebagai indikator untuk melakukan penilaian terhadap maharah kitabah pada buku pembelajaran bahasa Arab kelas X terbitan kemenag tahun 2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, Siti and Siti Aminah, Pendidikan Guru, Jurnal Pendidikan Guru, 2.4 (2021): 33–42.
Hasria Hasria, Mujahid Mujahid, and Rahmat R, ‘Efekivitas Penerapan Metode Hiwar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), h. 57.
Aziza, Lady Farah and Ariadi Muliansyah, ‘Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19.1 (2020), pp. 56–71, doi:10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.
Mahmud, Basri and Hamzah Hamzah. "Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah." Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1.1 (2020): 23-36.
Syafei, Isop. ‘Implikasi Teori Belajar Humanisme Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab / Implications of Humanistic Learning Theory on Arabic Language Learning’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4.2 (2023): 331-369.
Febriani, Suci Ramadhanti, Rahmawati and Haq Shofia Nailatul, ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Melalui Modul Berbasis HOTS / Increasing the Pedagogical Competency of Arabic Teachers Through HOTS-Based Modules’, Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4, 2. (2023): 280–97.
Maulana, Rizal MAN and Kota Banjarmasin, ‘Analisis Capaian Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Taksonomi Bloom Edisi Revisi’, 8.2 (2022): 85–96.
Putri Putri, ‘Mafhum Maharah Qiraah Dan Maharah Kitabah’, Islamic Education, 2.2 (2022): 1–5.
Mustofa, Dedi. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Kemahiran Al-Kitabah ( Arabic Learning Strategy Writing Skills ) Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 2.2 (2021): 178.
Ansori, Muhammad Firdaus. ‘Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, I.2 (2020): 273–296.
Dony, Handriawan and Muhammad Nurman, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kurikulum Merdeka, UIN Mataran Press, 2023.
Putri, Wulan Aulia, Mauli Maia Alsayyida, and Ahza Inayatul Laily, ‘Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Maharah Kitabah Di Kelas X MA Al-Raisiyah Sekarbela’, 4.2 (2024): 129–42.
Wahyudin, ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan’, Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6.1 (2017): 1–6.
Dewi, Nur Kumala, Iwan Mulyana, Arman Syah putra, Fatrilia Rasyi Radita, Konsep Robot Penjaga Toko di Kombinasikan Dengan Pengendalian Firtual Reality (VR) Jarak Jauh: Jurnal Ikra-Ith Informatika, Vol. 5, No. 1, Maret 2021.
Lumayan, Gilbert, Rafiola Nursani, and Aisyah Argyanti, ‘Inovasi Kurikulum’, Jurnal Inovasi Kurikulum, 19 (2022): 13–22.
Munawarah Munawarah and Zulkiflih Zulkiflih, ‘Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1.2 (2021), h. 22.
Ismail, Muhammad and Safrina Ariani, ‘Kognisi Taksonomi Bloom, Kurikulum 2013 Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Indonesia’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11.3 (2021): 425–43.
Muji, ‘Faundamental Taksonomi Bloom Dalam Sistem Pendidikan Menurut Q.S Al- ’Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qurthubi, Dan Salman)’, Jurnal STIT Hidayatullah, 5.6 (2014): 1–26.
Novitasari, Dewi and Heni Pujiastuti, ‘Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Analisis Real Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Ranah Kognitif’, Maju, 7.2 (2020): 153–163.
Astuti, Fitriyani, ‘Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa’, Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9.1 (2021): 83–99.
Nafiati, Dewi Amaliah, ‘Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik’, Humanika, 21.2 (2021): 151–172.
Mahmudi, Ihwan and others, ‘Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom’, Jurnal Multidisiplin Madani, 2.9 (2022): 507–514.
Sari, Risna Rianti and Hasyim Amrullah, Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI, Penerbit: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Cet. Ke-1, 2020.
Haniefa, Rifda, ‘Implementasi Model Penilaian HOTS Pada Penilaian Keterampilan Berbahasa Arab’, Journal of Arabic Education & Arabic Studies, 1.1 (2022): 49–71.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v5i2.236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M Rizki Hi Aman, Sugirma Sugirma, Zulaeha Zulaeha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.png)
.png)
.png)


_(1).png)
.png)
.png)
_(2)_(1).png)
_(1).png)
2.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
