Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X MAN 1 Padang Panjang (Using Canva Application in Making Arabic Learning Videos in Class X MAN 1 Padang Panjang)
Abstract
Artikel ini menjelaskan mengenai pemanfaatan aplikasi Canva dalam membuat video pembelajaran bahasa Arab. Canva ialah yang berbasis online yang dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan presentasi, pamplet, membuat video pembelajaran, setifikat dan lain-lain sebagainya. Desain grafis yang bisa membantu pemakainya agar lebih mudah merancang macam-macam jenis ide-ide dari inspirasi pemikiran sendiri. Dalam proses pengajaran aplikasi ini sangat diperlukan. Aplikasi ini dpt timbul dari pemikiran ide kita untuk merancang sesuatu yang mendapatkan karya dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dpt dikerjakan dari rumah serta dilokasi yang membuat diri, pikiran nyaman. Namun, dikarenakan pada masa sekarang maraknya kasus virus corona, pemerintah lebih menghimbau untuk melaksanakan kegiatan di rumah. Dengan demikian kesimpulannya yaitu proses pembelajaran dengan aplikasi Canva dpt dibuat dimana pun, termasuk di luar atau pun di dalam rumah sekalipun, tergantung keadaan lebi kurang yangg memaksa kita harus keluar rumah namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa sekarang ini.
This article describes how to use the Canva application in making Arabic learning videos. Canva is an online platform that can be used to assist in making presentations, pamphlets, making learning videos, certificates and so on. Graphic design that can help users to more easily design various types of ideas from the inspiration of their own thoughts. In the teaching process this application is indispensable. This application can arise from thinking of our ideas to design something that works in learning. The learning process can be done from home and in a location that makes you feel comfortable. However, due to the increasing number of cases of the corona virus, the government urges people to carry out activities at home. Thus, the conclusion is that the learning process with the Canva application can be made anywhere, including outside or inside the house, depending on the situation that is more or less forcing us to leave the house but while still adhering to current health protocols.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aceng Muhtaram Mirfani, ‘Manfaat Dan Kendala Teknologi Informasi Pendidikan’, File Upi Edu, 1997, 1–25.
Addiestya Rosa Hutasuhut Diana Novita, ‘Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19’, Unimed Medan, June, 2020, 1–11.
Ardiansyah Ardiansyah, Kunto Imbar Nursetyo, and Cecep Kustandi, ‘Pengembangan Video Knowledge Capture Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3.1 (2020), 09–16 .
B A B III, ‘Jurnalmetode Penelitina Kualitatif’, 2002, 50–61.
Delsina Faiza Rahma Elvira Tanjung, ‘Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1’, Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7.2 (2019), 79–85.
Dianah Rofifah, ‘Metodologi Penelitian’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2020, 12–26.
Dwiki Sayoga Putra Asmaul Husna, Husnul Khotimah, ‘Pengembangan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Media Pembelajaran Di MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Muamalah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo’, 2019 .
E R Onainor, ‘Inovasi Pendidikan’, 1.14144600200 (2019), 105–12 .
Febi Trafena Talika, ‘Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan’, E-Journal, 5.1 (2016), 1–6.
Felix Wortmann and Kristina Flüchter, ‘Internet of Things: Technology and Value Added’, Business and Information Systems Engineering, 57.3 (2015), 221–24 .
Hanif Irfan, ‘Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung)’, Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3.2 (2020), 129–52.
Karina Permatasari, I Nyoman Degeng, and Eka Adi, ‘Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2.4 (2019), 268–77 .
Ketua Penyunting and others, ‘Jktp : Jurnal Kajian Dan Teknologi Pendidikan’, 3 (2020).
Muspika Hendri, ‘Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif’, POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3.2 (2017), 196 .
Nandang Sarip Hidayat, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2.1 (2020), 40–58 .
Ni Putu Sumartini A’an Dwi Sentana, Gusti Ayu Sri Puja Warnis Wijayanti, ‘Efektifitas Video Cpr Terhadap Kemampuan Masyarakat Awam Dalam Melakukan Cpr Di Desa Sembung Kecamatan Narmada’, 3.V (2015), 103–11.
Nur Fadilah Bakri and others, ‘Jurnal Ilmiah Pro Guru , Vol . 7 No . 1 , Januari 2021 ISSN : 2442 – 2525 , E _ ISSN : 2721-7906 Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online Jurnal Ilmiah Pro’, 7.1 (2021), 1–10.
Rahmatullah Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa, ‘Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12.2 (2020), 317–27.
Redita Wiguna, Astri Sutisnawati, and Dyah Lyesmaya, ‘Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Onine Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19’, Jurnal Perseda, III.2 (2020), 75–79.
Rini, Yuli Sectio, and Jurusan Pendidikan Seni Tari. "Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses." Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta (2013).
Rizqon H Syah, ‘Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7.5 (2020) .
Setya Resmini’, Intan Satriani, and M. Rafi, ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris’, Abdimas Sliwangi, 04.02 (2021), 335–43.
Sofian Effendi Masri Singarimbun, ‘Metode Penelitian Survei’, 2011, 119.
Sony Junaedi, ‘Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For’, 07 (2021), 80–89 .
Taufik Dwi Kurniawan, ‘Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016’, Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3.1 (2016), 21–26 .
Tri Wiratno and Riyadi Santosa, ‘Bahasa, Fungsi Bahasa, Dan Konteks Sosial’, Modul Pengantar Linguistik Umum, 2014, 1–19 .
Yohannes Marryono Jamun, ‘Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan’, 10, 1996, 48–52.
Yus Mochamad Cholily, Windy Tunas Putri, and Putri Ayu Kusgiarohmah, ‘Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0’, Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 2019, 192 .
Zulfiah Sam, ‘Z. Sam’, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 2.No 1 (2016), h. 5.
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v3i1.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Amrina Amrina, Adam Mudinillah, Roja Siti Fadhillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.png)
.png)
.png)


_(1).png)
.png)
.png)
_(2)_(1).png)
_(1).png)
2.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
