Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 (Teacher Teaching Strategies in Increasing Students' Interest in Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic)

Baharuddin Baharuddin, Basri Mahmud, Hasmawati Hasmawati, Munawarah Munawarah, Zulkiflih Zulkiflih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang Polewali Mandar selama Pandemi Covid 19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang ditinjau dari tempat penelitian. Dalam hal data, ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu diawali dengan reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) langkah-langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs DDI Kanang Polewali Mandar pada Masa Pandemi Covid-19 adalah dilakukan dengan dua sistem, yaitu sistem secara daring dan luring, adapun daring menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab, sedangkan luring menggunakan metode campuran. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah jaringan internet yang tidak stabil, durasi waktu pembelajaran yang terbatas, dan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab.

 

This study aims to find out the steps of Arabic teacher in increasing interest in learning Arabic students of class VIII MTs DDI Kanang Polewali Mandar Regency during the Covid 19 Pandemic. This research is included in the field research type of qualitative descriptive research that is reviewed from the research site. In terms of data, this is descriptive research. The instruments in this study are the researchers themselves who assisted in observation guidelines, interviews and documentation. Data analysis techniques are initiated by data reduction, data presentation, and then data verification and conclusion. Testing the validity of data by using triangulation. The results of this study are 1) the steps taken by teachers in increasing the interest in learning Arabic students of class VIII MTs DDI Kanang Binuang Polewali Mandar Regency during the Covid-19 Pandemic are carried out with two systems, namely online system and offline system, while online using lecture methods and question and answer methods, while offline using mixed methods. 2) The obstacles faced by teachers in increasing the interest in learning learners are unstable networks, limited time, lack of interest in students in learning Arabic.


Keywords


Strategi mengajar; minat belajar; bahasa Arab; pandemi covid 19

Full Text:

PDF

References


Abdul Mu’in, Analisis Kontrastif Bahasa Arab & Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru, 2004.

Baharuddin, Uril, Maharat al-Tadris Nahwa I’dad Mudarris al-Lughah al-Arabiyah al-Kaf’i. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Bermawy Munthe, Strategi Mengajar Aktif, Kreatif dan Inovatif. Cet II; Jogjakarta: UIN Sunan Kalijaga Pres, 2016.

Hamzah, Hamzah. "Learning Strategies for Arabic Grammar at the West Sulawesi in Understanding the Heritage Books (A Case Study at Allo Biqar Pambusuang Foundation, Polewali Mandar, West Sulawesi)." (2020). https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.15-11-2019.2296256

Hamzah, Hamzah. استراتيجيات تعليم القواعد العربية في مؤسسة ألُّو بيعار بامبوسوانج لفهم كتب التراث ببوليوالي مندار سولاويسي الغربية. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.‎ http://etheses.uin-malang.ac.id/15623/

Ilham Ismail, (2021, 10;11) Wawancara. (Baharuddin, Pewawancara)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet. IX; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Pranowo. Teori Belajar Bahasa; Untuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Rahmat, R., Basri Mahmud, and Haeruddin Haeruddin. "Kreatifitas Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI MA Nuhiyah Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 3.1 (2021): 48-56. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/557

Sri Anita W., Materi Pokok strategi Pembelajaran SD. Cet. IV; Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Sukri, (2021, 10;11) Wawancara. (Baharuddin, Pewawancara)

Sumardi, M. Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Surti Ariati, (2021, 10;11) Wawancara. (Baharuddin, Pewawancara)

Umam, C, Aspek-Aspek Fundamental dalam Mempelajari Bahasa Arab. Bandung: Al-Maarif, 1980.




DOI: https://doi.org/10.36915/la.v3i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Baharuddin Baharuddin, Basri Mahmud, Hasmawati Hasmawati, Munawarah Munawarah, Zulkiflih Zulkiflih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED AND ABSTRACTED BY:


Editorial Office:

Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab,  E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199

Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.

Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia

Creative Commons License

Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License