Peran Khitobah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bahasa Arab di Era Modern / The Role of Khitobah in Enhancing the Quality of Arabic Language Education in the Modern Era
Abstract
Khitobah is one form of activity in Arabic language learning that can enhance the quality of Arabic language education in the modern era. Literature studies are conducted to explore the role of khitobah in improving the quality of Arabic language education. This study involves literature analysis of articles, books, and journals related to khitobah and Arabic language learning. The results of this study indicate that khitobah plays a significant role in enhancing Arabic speaking skills and understanding of Arab culture. Khitobah activities can train contextual Arabic speaking skills and build confidence in speaking. Additionally, khitobah can also help students understand Arab culture through the themes discussed in speeches. In the modern era, khitobah can be implemented in Arabic language learning through the use of technology and educational innovations. This research recommends the use of khitobah in modern-era Arabic language education to improve the quality of Arabic language education.
Abstrak: Khitobah merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam pembelajaran bahasa Arab yang memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab di era modern. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mendalami peran khitobah dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab. Analisis literatur dilakukan terhadap artikel, buku, dan jurnal yang relevan dengan khitobah serta pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khitobah memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab sekaligus pemahaman terhadap budaya Arab. Melalui kegiatan khitobah, peserta didik dapat melatih keterampilan berbicara bahasa Arab secara kontekstual dan membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Selain itu, khitobah juga dapat membantu peserta didik memahami budaya Arab melalui tema-tema yang diangkat dalam pidato. Di era modern, khitobah dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran bahasa Arab melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi pendidikan. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan penerapan khitobah dalam pendidikan bahasa Arab di era modern guna mendukung peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina, et al. "Metode penelitian kualitatif studi pustaka." Jurnal Edumaspul 6.1 (2022): 974-980.
Ainiyah, Nur. “Pemberdayaan Keterampilan Retorika Dakwah Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Pandean Wonorejo Banyuputih Situbondo” As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1.2 (2019): 141–170. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/assidanah/article/view/585
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21.1 (2021): 33–54. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075
Fahrurrozi, Aziz. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 1.2 (2014): 161–180. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31154
Fattah, Abd., et al. "Arabic in the USA and the Genealogy of Arab-Americans: from Migration to Integration." Cogent Social Sciences 10.1 (2024): 2321712. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23311886.2024.2321712
Izzan, Ahmad. Metodologi pembelajaran bahasa Arab (Cet. VI; Bandung: Humaniora Utama Press, 2015). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZgC-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Metodologi+Pembelajaran+Bahasa+Arab&ots=0byO8I6zlU&sig=u65eUOu1xpTkZYPE0kjNWIDvBkI&redir_esc=y#v=onepage&q=Metodologi%20Pembelajaran%20Bahasa%20Arab&f=false
Jannah, Rihul, et al., “Program Tamrinul Khitobah terhadap Santri Pondok Pesantren An-Nuriyah Bontocini Kabupaten Jeneponto” Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah dan Komunikasi. 2.2 (2021): 1–10. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/19801
Lutfiyatun, Eka, and Depi Kurniati. "Pelatihan Khitobah Bahasa Arab Di Pesantren Tahfidz Takhassuss Daarul Qur’an Palembang." Surya Edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2024): 1-10. https://jurnal.um-palembang.ac.id/suryaedu/article/view/7357
Mufti, Ali. "Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab." Al-Ma‘rifah 19.1 (2022): 13-22. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/25778/12547
Munir, Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab: Teori dan Praktik (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016).
Nashihin, Husna. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren (Semarang: Formaci, 2017). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=X27IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Pendidikan+Karakter+Berbasis+Budaya+Pesantren&ots=k1B0s3k-fU&sig=XMyq_Ag9jMlsBJBCja4gSAUCyh8&redir_esc=y#v=onepage&q=Pendidikan%20Karakter%20Berbasis%20Budaya%20Pesantren&f=false
Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis. "Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam." Jurnal Simki Pedagogia 6.1 (2023): 181-191. https://www.jiped.org/index.php/JSP/article/view/227
Nurhayati, Siti, and Bukhori, Evi Muzaiyidah. Strategi Khitobah (Pidato) Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Pba) IAIN Jember, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 2018. [Laporan Penelitian] (Unpublished). http://digilib.uinkhas.ac.id/2262/
Oktari, Fima Riska. Strategi Pelatihan Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpidato Santri Pondok Pesantren Darul Falah Teluk Betung Bandar Lampung. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2017. https://repository.radenintan.ac.id/2329/
Ramadhan, Saidah. "Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini." Utile: Jurnal Kependidikan 3.2 (2017): 180-189. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/75
Saipullah, Tradisi Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Karakter (Lampung Tengah: Kolaborasi Pustaka Warga, 2022). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CuqxEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA35&dq=Tradisi+Pesantren+dalam+Pengembangan+Pendidikan+Karakter&ots=BNsV8Btsvv&sig=jgs1oSGgoJDz1yZ5kRuXPUAP6Tg&redir_esc=y#v=onepage&q=Tradisi%20Pesantren%20dalam%20Pengembangan%20Pendidikan%20Karakter&f=false.
Santoso, Budi. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan (Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia, 2010). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bKdABAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Skema+dan+Mekanisme+Pelatihan:+Panduan+Penyelenggaraan+Pelatihan&ots=T-W-biWc4D&sig=51TXhXb8WdRihX6-JmHiYrDDOmM&redir_esc=y#v=onepage&q=Skema%20dan%20Mekanisme%20Pelatihan%3A%20Panduan%20Penyelenggaraan%20Pelatihan&f=false
Sarah, et al. "Technology Integration in Arabic Language Skills Development in the Digital Era." Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 6.2 (2024): 74-81. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/alfusha/article/view/1735
Setiawan, Eko. "Strategi muhadharah sebagai metode pelatihan dakwah bagi kader da’i di Pesantren Daarul Fikri Malang." Jurnal Fenomena 14.2 (2015): 301-334.
Sya’roni, Agus. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama” Rayah Al-Islam. 4.2 (2020): 274–287. http://ejournal.arraayah.ac.id/index.php/rais/article/view/341
Tauhidah, Nadhilah Amalia, and Azhar Arij Abiyyah, “Strategi Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Instagram : Analisis Komparatif Akun Edukasi” 5.3 (2024): 459–474. http://ejournal.arraayah.ac.id/index.php/ukazh/article/view/1104
Ulfa, Luluk Mardiana, “Manajemen Pondok Pesantren Tarbiyatul Muballighin Desa Reksosasi Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam Membentuk Kader Da’i”, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12616/
Uliyah, Asnul, and Zakiyah Isnawati. "Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab." Shaut Al Arabiyyah 7.1 (2019): 31-43. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/9375
Zainuri, Muhammad. “Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia” Tarling: Journal of Language Education. 2.2 (2019): 231–248. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/tarling/issue/view/211
DOI: https://doi.org/10.36915/la.v5i2.82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Machrup Eko Cahyono, Salma Fikria, Sari Uswatun Hasanah, Nurul Musyafaah, Muhammad Afthon Ulin Nuha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED AND ABSTRACTED BY:
Editorial Office:
Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, E-ISSN:2722-1180 | E-ISSN:2722-1199
Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat. e-mail: loghatarabi.pbajournal@ddipolman.ac.id.
Jl. Gatot Soebroto No. 61 Kel. Madatte Polewali Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311, Indonesia
Loghat Arabi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.png)
.png)
.png)


_(1).png)
.png)
.png)
_(2)_(1).png)
_(1).png)
2.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
.png)
